RANCANG B ANG UN WEBSITE E- COMMERCE PADA UKM OOX GUITAR MAKERS SEBAG AI MEDIA PEMASARAN O N- LINE
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai salah satu entitas bisnis akhirnya juga harus turut serta menyesuaikan diri dengan perkembangan ini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatkan jumlah UKM-UKM di Indonesia yang aktif melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran lewat dunia E-Commerce. Penelitian yang dilakukan oleh oftel pada tahun 2000 telah menunjukan bahwa sebanyak 49% UKM diseluruh dunia telah memanfaatkan internet untuk melakukan aktivitas bisnis, dan diramalkan jumlahnya akan terus bertambah hingga lebih dari 70% dimasa yang akan datang. Pemanfaatan internet untuk aktifitas bisnis ini tentu memberikan kontribusi yang bermanfaat, tidak hanya bagi para pihak UKM, tetapi juga bagi pihak konsumen. Saat pihak produsen semakin dapat memperluas pangsa pasarnya, pihak konsumen pun , disisi lain dapat melakukan transaksi hampir tanpa ada batas waktu. E-Commerce memberikan banyak pilihan kepada pelanggan dan menjadikan kegiatan transaksi menjadi lebih sangat cepat. Mengacu pada maraknya penggunaan E- Commerce di UKM-UKM yang terbukti dapat
memperluas cangkupan pangsa pasar. Maka penerapan E-Commerce sebagai salah satu cara pemasaran di UKM OOX GUITAR MAKER menjadi salah satu hal yang dipandang dapat menjawab permasalahan tersebut.
Keywords: Sales Information System, E - Commerce.