RANCANG B ANG UN WEBSITE E- COMMERCE PADA UKM OOX GUITAR MAKERS SEBAG AI MEDIA PEMASARAN O N- LINE

  • 08.01.55.0143 Robertus Rossa Widjayanto

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai  salah satu   entitas   bisnis   akhirnya   juga   harus   turut   serta menyesuaikan  diri  dengan  perkembangan  ini.  Hal  ini dibuktikan dengan meningkatkan jumlah UKM-UKM di Indonesia    yang   aktif   melakukan   kegiatan-kegiatan pemasaran  lewat  dunia  E-Commerce.  Penelitian  yang dilakukan oleh oftel pada tahun 2000 telah menunjukan bahwa   sebanyak   49%   UKM   diseluruh   dunia   telah memanfaatkan internet untuk melakukan aktivitas bisnis, dan diramalkan jumlahnya akan terus bertambah hingga lebih dari 70% dimasa yang akan datang. Pemanfaatan internet untuk aktifitas  bisnis ini tentu  memberikan  kontribusi  yang   bermanfaat,  tidak hanya  bagi  para  pihak  UKM,  tetapi  juga  bagi  pihak konsumen.  Saat                              pihak   produsen    semakin                 dapat memperluas  pangsa  pasarnya,  pihak  konsumen  pun  , disisi lain dapat melakukan transaksi  hampir  tanpa ada batas waktu. E-Commerce memberikan banyak  pilihan kepada  pelanggan  dan  menjadikan  kegiatan  transaksi menjadi lebih sangat cepat.  Mengacu   pada   maraknya   penggunaan    E- Commerce   di              UKM-UKM            yang         terbukti     dapat

memperluas cangkupan pangsa pasar.  Maka  penerapan E-Commerce sebagai salah satu cara pemasaran di UKM OOX GUITAR  MAKER  menjadi  salah satu  hal  yang dipandang   dapat    menjawab   permasalahan   tersebut.


Keywords:    Sales Information System, E - Commerce.

 

Published
2014-11-02
How to Cite
Robertus Rossa Widjayanto0. (2014). RANCANG B ANG UN WEBSITE E- COMMERCE PADA UKM OOX GUITAR MAKERS SEBAG AI MEDIA PEMASARAN O N- LINE. Information Technology and Telematics, 4(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2788
Section
Articles