Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Rowosari

  • 08.01.55.0109 ARIF ROHMAN HAKIM

Abstract

Abstrak
Proses pengolahan data di Puskesmas Rowosari ini masih bersifat manual, misalnya dalam proses pendaftaran pasien, masih memanfaatkan data berupa hardcopy dengan media kertas kecuali pasien yang telah memiliki kartu berobat, maka petugas Puskesmas menginputkan dan menyimpan data pasien pada buku pendataan pasien. Pasien yang akan berobat dicatat kedalam data kunjungan pasien. Apabila kartu berobat pasien tertinggal atau hilang, maka petugas harus membuat kartu baru dan akan terjadi penduplikasian data pasien yaitu dua nomor berbeda mempunyai data pasien yang sama. Hal ini meyebabkan terhambatnya kinerja petugas Puskesmas Rowosari sehingga pasien harus menunggu lama dalam proses registrasi, dan menghambat petugas dalam pembuatan laporan obat dan laporan data pasien di Puskesmas Rowosari.
Tujuan yang akan dicapai adalah menganalisa, merancang dan membangun sistem informasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Rowosari yang dapat memberikan informasi mengenai data pasien, data obat, data dokter dan data transaksi pelayanan serta laporan-laporan.
Hasil dalam penelitian ini adalah sistem informasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Rowosari sudah dapat berjalan dan menghasilkan laporan-laporan seperti laporan pasien, laporan obat dan laporan pemeriksaan. Dengan menggunakan sistem ini, informasi dapat disajikan langsung setelah terjadinya transaksi dan informasi dapat disajikan setiap saat tanpa harus melakukan rekapitulasi terlebih dahulu.


Kata Kunci:Sistem Informasi, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Rowosari

Published
2014-11-02
How to Cite
ARIF ROHMAN HAKIM0. (2014). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Rowosari. Information Technology and Telematics, 4(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2782
Section
Articles