SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MESIN RO AIR MINERAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS WEB

  • 08.01.53.0046 TRI BAASITHU RASYIID

Abstract

Abstract
Di era globalisasi seperti sekarang ini, semua proses dituntut berjalan serba cepat. Dunia teknologi inforamasi, berkembang sangat cepat, terpacu oleh dunia persaingan yang begitu ketat.
Komputer yang tadinya digunakan sebagai pengganti mesin ketik, sekarang dituntut untuk menjadi saran pendukung berjalannya kegiatan bisnis proses perusahaan.Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana membangun aplikasi pendukung keputusan untuk menentukan mesin RO Air Mineral
sebagai alat bantu dalam proses penentuan mesin RO air mineral mensesuai dengan kebutuhan pembeli. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dipilih karena metode pendukung keputusan ini mampu menguraikan masalah multi factor atau multi criteria yang komplek menjadi hierarki Reverse osmosis (Osmosis terbalik) adalah suatu metode penyaringan air yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya.
Air minum yang dihasilkan oleh RO ini adalah air super bersih dan sehat sehingga tidak perlu dimasak lagi. Air yang bersih dan sehat jelas akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita karena didalamnya tidak ada lagi zat-zat yang berbahaya termasuk virus atau bakteri, maufun jasat-jasat reniknya.
Kata Kunci: RO (Reverse osmosis), Air mineral, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Published
2014-06-03
How to Cite
TRI BAASITHU RASYIID0. (2014). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MESIN RO AIR MINERAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS WEB. Information Technology and Telematics, 4(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2424
Section
Articles