IMPLEMENTASI PROXY SERVER PADA LINGKUNGAN VIRTUAL MENGGUNAKAN VIRTUALBOX

  • 01.01.53.0346 ABDULLAH ADIB LUTFI HAKIM

Abstract

Abstrak -- Proxy server sudah menjadi hal yang popular di kalangan para administrator jaringan komputer, berkaitan dengan kemampuannya untuk pembagian bandwith, meningkatkan keamanan, dan mempercepat akses internet. Dalam mengelola jaringan komputer, penggunaan proxy server mungkin diperlukan mengingat kemampuan dan fungsi yang dimilikinya.
Namun tidak mudah untuk menerapkan jaringan komputer proxy server pada jaringan nyata, terutama bagi pemula yang baru belajar jaringan komputer terkendala akan kebutuhan perangkat keras yaitu jumlah komputer yang ada. Dibutuhkan setidaknya dua unit komputer untuk dapat menerapkan jaringan komputer, dimana salah satu komputer berfungsi sebagai proxy server dan lainnya sebagai klien.
Dengan memanfaatkan teknologi virtualisasi kendala akan jumlah komputer bisa teratasi. Virtualisasi memungkinkan menjalankan beberapa macam sistem operasi pada satu komputer dan antara sistem operasi tersebut dapat saling terhubung. Hal ini berarti dengan satu buah unit komputer dimungkinkan untuk dapat menerapkan jaringan komputer virtual.
Untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi virtualisasi dapat digunakan untuk pelatihan jaringan komputer, dilakukan implementasi proxy server pada lingkungan virtual menggunakan salah satu produk virtualisasi yaitu VirtualBox.
Berdasarkan pengujian, proxy server berjalan dengan baik pada lingkungan virtual seperti pada kondisi nyata. Hanya perbedaan utama tiadanya perangkat jaringan komputer seperti switch atau kabel UTP.
Penggunaan Squid sebagai proxy juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet dalam mengakses website yang sudah ter cache.
Kata kunci : implementasi, proxy server, virtualbox, virtualisasi

Published
2014-06-17
How to Cite
ABDULLAH ADIB LUTFI HAKIM0. (2014). IMPLEMENTASI PROXY SERVER PADA LINGKUNGAN VIRTUAL MENGGUNAKAN VIRTUALBOX. Information Technology and Telematics, 4(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2406
Section
Articles