SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ROWOSARI

  • 08.01.55.0109 ARIF ROHMAN HAKIM

Abstract

Abstrak
Proses pengolahan data di Puskesmas Rowosari ini masih bersifat manual,
misalnya dalam proses pendaftaran pasien, masih memanfaatkan data berupa
hardcopy dengan media kertas kecuali pasien yang telah memiliki kartu berobat,
maka petugas Puskesmas menginputkan dan menyimpan data pasien pada buku
pendataan pasien. Pasien yang akan berobat dicatat kedalam data kunjungan
pasien. Apabila kartu berobat pasien tertinggal atau hilang, maka petugas harus
membuat kartu baru dan akan terjadi penduplikasian data pasien yaitu dua nomor
berbeda mempunyai data pasien yang sama. Hal ini meyebabkan terhambatnya
kinerja petugas Puskesmas Rowosari sehingga pasien harus menunggu lama
dalam proses registrasi, dan menghambat petugas dalam pembuatan laporan obat
dan laporan data pasien di Puskesmas Rowosari.
Tujuan yang akan dicapai adalah menganalisa, merancang dan
membangun sistem informasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Rowosari yang
dapat memberikan informasi mengenai data pasien, data obat, data dokter dan data
transaksi pelayanan serta laporan-laporan.
Hasil dalam penelitian ini adalah sistem informasi pelayanan kesehatan di
Puskesmas Rowosari sudah dapat berjalan dan menghasilkan laporan-laporan
seperti laporan pasien, laporan obat dan laporan pemeriksaan. Dengan
menggunakan sistem ini, informasi dapat disajikan langsung setelah terjadinya
transaksi dan informasi dapat disajikan setiap saat tanpa harus melakukan
rekapitulasi terlebih dahulu.
Kata Kunci
Sistem Informasi, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Rowosari
Published
2014-06-05
How to Cite
ARIF ROHMAN HAKIM0. (2014). SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ROWOSARI. Information Technology and Telematics, 4(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/2364
Section
Articles