APLIKASI DATA MINING UNTUK KLASTERING KECAMATAN BERDASARKAN PRODUKSI TANAMAN PANGAN DI JAWA TENGAH

  • 09.01.55.0127 DANIAR SARI NASTITI

Abstract


Abstraksi
Kebutuhan pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama. Banyaknya kebutuhan pangan masyarakat dirangkum pada data produksi bahan pangan. Kebutuhan akan informasi yang berkaitan dengan data yaitu kekeliruan dalam melakukan perhitungan karena data yang ada jumlahnya  sangat banyak dan kebutuhan analisis data sering tidak tepat waktu sehingga pemerintah sering terlambat membuat kebijakan dan melakukan publikasi data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah dan data produksi bahan pangan tahun 2011 sebanyak 546 data. Alat analisis yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan menggunakan flowchart, dan untuk analisa data menggunakan algoritma K-Means. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, sedangkan basis data menggunakan MySQL.
Berdasarkan analisa yang dilakukan, maka dibangun sebuah aplikasi data mining untuk klastering kecamatan berdasarkan produksi bahan pangan. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu pemerintah dalam melakukan suatu kebijakan untuk kepentingan nasional. Kelebihan aplikasi ini adalah user  bebas menentukan berapa klaster yang akan diinputkan. Kekurangan dari program ini adalah user tidak bisa memilih suatu Kabupaten yang ada untuk diklaster.

Kata kunci : Klastering, Algoritma K-Means, Data Mining,
PHP, MySQL

Published
2013-10-28
How to Cite
DANIAR SARI NASTITI0. (2013). APLIKASI DATA MINING UNTUK KLASTERING KECAMATAN BERDASARKAN PRODUKSI TANAMAN PANGAN DI JAWA TENGAH. Information Technology and Telematics, 3(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1936