Pengembangan Media Pembelajaran Bangun 2 Dimensi Dan Bangun 3 Dimensi Untuk Siswa Sekolah Dasar

  • 09.01.55.0090 Aldian Pradita

Abstract

Abstrak

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oeh siswa sekolah dasar   karena   pelajaran   ini   sering   menghitung,   menghafal   gambar   dan   bentuk   dan mengahafalkan  rumus  –  rumus  yang  menurut  anak  sekolah  dasar  sangat  susah  untuk dilakukan karena mereka hanya mempelajari lewat buku pedoman dan penjelasan guru ya ng membosankan.  Permasalahan  pada  penelitian  ini  adalah  bagaimana  membangun  sebuah program pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik untuk belajar.

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana membangun program pembelajaran bangun 2 dimensi dan bangun 3 dimensi untuk siswa sekolah dasar. Alat – alat analisis yang digunakan dalam   membangun   aplikasi   ini   adalah   flowchart.   Software   yang   digunakan   dalam membangun aplikasi ini adalah Adobe Photoshop dan Macromedia Flash.

Penelitian   ini   telah   menghasilkan   rancang   bangun   pembelajaran   yang   bisa memberikan informasi tentang pengertian bangun 2 dimensi dan 3 dimensi, bentuk- bentuk dari bangun 2 dimensi dan 3 dimensi. Pada rancang bangun ini ada 6 command button ( menu) yaitu menu materi, menu permainan, menu animasi, menu gallery, menu latihan soal dan menu keluar. Pada setiap menu mempunyai fungsi masing – masing misalnya saja pada menu latihan  soal disitu terdapat beberapa soal tentang bangun 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikemas  semenarik mungkin yang membuat siswa mudah untuk memecahkan soal – soal tersebut.

Kata kunci:     Rancang bangun media pembelajaran, Matematika,  bangun 2D dan 3D, flash
Published
2013-10-28
How to Cite
Aldian Pradita0. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun 2 Dimensi Dan Bangun 3 Dimensi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Information Technology and Telematics, 3(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1913