SISTEM PEMESANAN IKAN HIAS BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJEK ORIENTASI PADA KELOMPOK PETANI IKAN HIAS UD. MINATAMBRA DI SEMARANG

  • 09.01.55.0061 Indra Purnama

Abstract

 

Abstraksi

 

Seiring dengan perkembangan jaman yang ditandai dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian tidak heran lagi jika informasi dari berbagai belahan dunia dapat diketahui dengan cepat dan akurat. Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dewasa ini sangat memberi dukungan bagi pengembangan sistem informasi, terutama pemanfaatan sistem yang berbasis web. Sehingga banyak instansi atau perusahaan yang beralih dari sistem konvensional ke sistem yang berbasis web.

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk  menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu  baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.

UD  Minatambra  beralamat  di  Jl.  Tambra  Dalam,  Kelurahan  Kuningan  Semarang  merupakan  salah  satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan ikan hias. Produk-produk ikan hias yang ditawarkan telah dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia, seperti di pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Penjualan ikan hias air tawar terbesar masih terdapat di pulau Jawa. Untuk memesan ikan hias kepada UD Minatambra, pelanggan masih harus datang langsung ke UD Minatambra atau melalui telepon, email dan fax. Cara pemesanan tersebut selama ini masih menimbulkan beberapa kendala diantaranya pelanggan tidak dapat mengetahui segala informasi tentang ikan hias mulai dari jenis-jenis ikan hias dan daftar harganya yang ditawarkan oleh UD Minatambra.

Untuk mengatasi permasalahan di UD Minatambra diperlukan sebuah sistem pemesanan baru yang lebih cepat dan efisien dalam menyampaikan informasi, sistem baru ini di harapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada  sistem pemesanan ikan hias lama di UD Minatambra. Oleh karena itu penulis merancang sebuah sistem pemesanan baru yang berjudul   “SISTEM  PEMESANAN IKAN HIAS BERBASIS  WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJEK ORIENTASI PADA KELOMPOK PETANI IKAN HIAS UD. MINATAMBRA  DI SEMARANG”.  Sistem ini direncanakan akan diimplementasikan menggunakan  bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

 

Kata Kunci : Pemesanan, Ikan Hias

 

Published
2013-10-28
How to Cite
Indra Purnama0. (2013). SISTEM PEMESANAN IKAN HIAS BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJEK ORIENTASI PADA KELOMPOK PETANI IKAN HIAS UD. MINATAMBRA DI SEMARANG. Information Technology and Telematics, 3(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1901