PERANCANGAN BASIS DATA KREDIT KOMERSIAL BERUPA KREDIT MODAL KERJA PADA KANTOR CABANG PEMBANTU BRI PIERE TENDEAN SEMARANG

  • 08.01.55.0058 DANI ADITYA PREMANA

Abstract

Perancangan basis data kredit komersial berupa kredit modal kerja pada kantor cabang pembantu BRI Piere Tendean Semarang. Selama ini proses pengajuan dan analisa yang digunakan hanya menggunakan form-form dan catatan biasa yang disimpan menjadi dokumen biasa, serta dibantu dengan menggunakan aplikasi Mcrosoft Excel sebagai alat penyimpanan datanya, sehingga keamanan, keakuratan dan efisiensi data kurang terjamin.  Maka dengan adanya perancangan basis data ini, maka data-data yang disimpan akan lebih tertib dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses selanjutnya.

Sistem tersebut dikembangan dengan menggunakan sistem SDLC (System Development Life Cycle), bahasa pemrogramannya menggunakan Visual Basic dan database MySQL.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan yang meliputi interview atau Tanya jawab langsung secara sistematis dengan pihak karyawan Bank. Studi kepustakaan juga dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku literature.

Kata kunci: Perancangan basis data kredit komersial berupa kredit modal kerja pada kantor cabang pembantu Bri Piere Tendean Semarang, Visual Basic dan MySQL.

Published
2013-05-20
How to Cite
DANI ADITYA PREMANA0. (2013). PERANCANGAN BASIS DATA KREDIT KOMERSIAL BERUPA KREDIT MODAL KERJA PADA KANTOR CABANG PEMBANTU BRI PIERE TENDEAN SEMARANG. Information Technology and Telematics, 2(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1440