IMPLEMENTASI TEKNIK OPTICAL CHARACTER RECOGNITION UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR

  • 08.01.53.0225 FATMAWATI

Abstract

Selama beberapa dekade ini jumlah kendaraan telah banyak meningkat,terutama kendaraan darat khususnya kendaraan bermotor. Jumlah plat nomor juga turut bertambah banyak membuat kita memerlukan suatu pengenalan identitas.  Pengenalan identitas kendaraan khususnya plat nomor sangat berguna di dalam sistem parkir. Sistem parkir sekarang ini masih banyak yang menggunakan cara manual yaitu mencatat nomor polisi setiap mobil yang dilakukan oleh petugas.

Penerapan metode pengolahan citra untuk mengidentifikasi plat nomor mobil berguna untuk menggantikan sistem manual yang dilakukan oleh manusia.

Citra plat nomor diproses melalui pra-pengolahan agar citra memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih siap untuk proses pengenalan dengan metode OCR. Dimana karakter-karakter yang ada pada plat dibandingkan dengan karakter yang ada pada database.

Percobaan dilakukan dengan mengumpulkan data berupa foto plat nomor. Hasil percobaan menunjukkan keberhasilan sebesar 70% dari pola karakter yang dikenal dan yang tidak dikenal.

Kata Kunci: deteksi plat nomor, OCR, pengenalan karakter.

Published
2013-02-19
How to Cite
FATMAWATI0. (2013). IMPLEMENTASI TEKNIK OPTICAL CHARACTER RECOGNITION UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR. Information Technology and Telematics, 1(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1193