SISTEM INFORMASI RAGAM SENI BUDAYA DI KOTA SEMARANG DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI MOBILE

  • 08.01.53.0180 ROFIK NADHIF

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan media penyampaian informasi pun semakin beragam. Salah satu di antaranya adalah teknologi mobile atau handphone. Hal ini menjadikan pengaplikasian sistem informasi menjadi semakin lebih mudah. Dengan teknologi mobile, sistem informasi lebih mudah untuk diakses oleh user kapanpun dan dimanapun tanpa harus mendatangi tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan informasi yang sesuai. Untuk itu aplikasi sistem informasi ragam seni budaya Kota Semarang ini dibuat. Dengan memanfaatkan teknologi mobile device user bisa dengan mudah mendapatkan informasi kesenian dan kebudayaan kota semarang dengan akurat. Dengan hanya membuka file aplikasi ini, masyarakat sebagai user bisa memilih informasi kesenian dan kebudayaan apa yang mereka cari. User akan mendapatkan penjelasan berupa teks dan gambar-gambar berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan yang mereka pilih. Dalam aplikasi ini juga tersedia kotak saran yang berfungsi sebagai tempat untuk memberikan saran ataupun kritik yang bisa dikirimkan secara langsung kepada admin hanya dengan mengirimkan teks via sms dengan nomor default yang telah tersedia. Aplikasi sistem informasi ini menggunakan teknologi J2ME dengan pengujian hasil kompilasi dibeberapa jenis handphone. Pemindahan file aplikasi ini bisa dengan menggunakan kabel data, bluetooth ataupun infrared.

Kata Kunci: Sistem informasi, ragam seni budaya semarang, mobile, J2ME.

Published
2013-02-19
How to Cite
ROFIK NADHIF0. (2013). SISTEM INFORMASI RAGAM SENI BUDAYA DI KOTA SEMARANG DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI MOBILE. Information Technology and Telematics, 1(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1187