SISTEM PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DAN KAMUS BAHASA JAWA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK

  • 08.01.53.0209 Ryan Danara

Abstract

Dengan    berkembangnya    teknologi,    media pembelajaran   pun   semakin   beragam.   Salah   satu   di antaranya  adalah  teknologi  web.  Hal  ini   menjadikan pengaplikasian  sistem  pembelajaran  menjadi  semakin lebih mudah. Dengan teknologi web sistem pembelajaran lebih   mudah untuk diakses oleh user kapanpun dan dimanapun   tanpa   harus   mendatangi    tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan informasi yang sesuai.

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya.  Bentuk aksara dan

seni pembuatannya-pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk   membantu   masyarakat   dalam   proses   belajar, membuka                    wawasan     masyarakat          mengenai aksara

jawa.dan   kamus  bahasa  jawa   berbasis  web   dengan menggunakan framework. Metode pengembangan sistem pembelajaran   ini   adalah   analisa,   desain,   pembuatan program, evaluasi, dan hasil.

Dalam penelitian ini digunakan  pemrograman

berbasis Web, NetBeans IDE 6.0 sebagai  kompilernya. Penelitian    ini    menghasilkan    aplikasi    yang    dapat membantu  user  untuk   mengkonversi  aksara  jawa  ke aksara latin  maupun sebaliknya, user juga bisa memilih menu  kamus bahasa jawa dan bahasa Indonesia, menu latihan soal dan menu input kosakata.

Aplikasi sistem pembelajaran aksara jawa dan kamus bahasa jawa ini  dibuat agar  memudahkan  para user untuk mempelajari aksara  jawa dan kamus bahasa jawa   yang   mudah,   menarik  dan   praktis   yang  bisa dipelajari. Aplikasi sistem pembelajaran aksara jawa dan kamus bahasa jawa ini dapat dibuka melalui web.

Kata  Kunci :  Sistem  Pembelajaran,   Aksara

Jawa dan Kamus Bahasa Jawa, WEB.

Published
2013-02-19
How to Cite
Ryan Danara0. (2013). SISTEM PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DAN KAMUS BAHASA JAWA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK. Information Technology and Telematics, 1(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1164