APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAMBING POTONG MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • 07.01.53.0023 Akhmad Khanif

Abstract

Era  globalisasi  menuntut sumber  daya  manusia  yang  baik  dan  bermutu untuk selalu    siap berkompetisi,  baik pada nasional, regional,  maupun internasional. Pembuatan       Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan  Kambing Potong, dimaksudkan  untuk mendukung  pemerintah daerah  dalam  membangun   infastruktur  dalam bidang teknologi informasi. RPH (rumah potong hewan)   merupakan   salah   satu   yang   berada dilingkungan  Demak  yang  menangani  proses pemotongan  kambing  potong.  Dari  perjalanan proses pemotongan kambing yang ada dilingkungan RPH Bp. Zaini selama ini dalam proses pemilihan kambing potong tidak berjalan pada sebuah sistem yang baik, yang mana tidak memperhatikan proses  kriteria yang harus dijalani. Pemilihankriteria yang    harus dipenuhinya  diantanya  kriteria  jenis  kambing, jenis  kelamin,  umur  kambing,  tinggi  kambing dan berat badan sehingga hasil yang diperoleh kurang  maksimal.  Dari  permasalahan  tersebut, pihak  RPH memerlukan  adanya  sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan   untuk    proses    pemilihan  kambing potong. Sistem yang dibangun ini menggunakan metode  Fuzzy untuk proses  pemecahan masalahnya  dan  diharapkan  sistem  ini  mampu membantu  mendukung  suatu  pengambilan keputusan yang  dilakukan  oleh      pengambil keputusan. Dalam hal ini kepala RPH Bp. Zaini dalam proses pemilihan kambing potong. Hasil dari   proses  sistem  ini  adalah  berupa  daftar laporan peringkat kambing-kambing yang masuk di RPH Bp.  Zaini pada hari itu  dan langsung diseleksi pada sistem  dan sistem mengeluarkan hasil berupa kambing yang layak di potong pada hari itu.

Metode  yang  digunakan  dalam  sistem pendukung keputusan ini adalah metode SAW (Simple   Additive  Weighting  Method).  Metode SAW sering juga dikenal istilah metode penjumlahan  terbobot.   Konsep  dasar  metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kriteria pada setiap  alternatif pada semua atribut.     Metode    SAW   membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang    dapat    diperbandingkan      dengan    semua rating alternatif  yang ada. Dengan adanya aplikasi   sistem   pendukung   keputusan   proses pemilihan kambing potong ini diharapkan dapat mempermudah  pengambil         keputusan         untuk memilih  kambing  yang  layak  untuk  dipotong atau tidak.

Kata  Kunci  :  Rumah  Potong  Hewan,  SAW, Kambing Potong

 

Published
2013-02-19
How to Cite
Akhmad Khanif0. (2013). APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAMBING POTONG MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Information Technology and Telematics, 1(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1146