SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK PEMULA MENGGUNAKAN METODE TSAQIFA BERBASIS WEB DENGAN MEMANFAATKAN HTML 5

  • 08.01.53.0182 HEPPY KURNIAWAN

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan berbagai metode dalam kenyataannya belum sempurna. Pengajaran dengan menggunakan metode tsaqifa merupakan suatu pengajaran yang cukup baik. Pengajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tsaqifa lebih mudah di pahami, tapi akan lebih menarik apabila di sajikan dalam bentuk program aplikasi berbasis web. Hal ini dapat membantu masyarakat umum agar lebih tertarik untuk membaca Al-Qur’an. Karena dalam pengajaran nya yang bersifat individual, yaitu dapat di lakukan sendiri dengan cara membaca dan memahami.

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk membangun sistem pembelajaran dinamis dengan menggunakan bahan ajar bersifat mandiri. Metodologi penelitian yang digunakan  dalam menyususn Tugas Akhir ini adalah studi pustaka dan metode prototype yang merupakan salah satu teknik analisis data. Untuk merancang aplikasi ini digunakan metode perancangan struktural yaitu Data Flow Diagram (DFD), DFD merupakan sebuah metode yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak berdasarkan aliran data.

Sebagai hasil dari sistem pembelajaran ini diharapkan setiap orang dapat memperoleh pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tsaqifa secara mandiri. Selain itu dapat memotivasi orang untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Bahasa arab, Metode Tsaqifa.

Published
2013-02-19
How to Cite
HEPPY KURNIAWAN0. (2013). SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK PEMULA MENGGUNAKAN METODE TSAQIFA BERBASIS WEB DENGAN MEMANFAATKAN HTML 5. Information Technology and Telematics, 1(1). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1091