ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMA NEGERI 1 MRANGGEN

  • 08.01.55.0026 EKA JAYANTI

Abstract

Abstraksi

Sekolah SMA NEGERI 1 Mranggen merupakan suatu lembaga yang bergerak dibidang Pendidikan terletak di Desa menur, Mranggen-Demak yang selama ini sistem pembelajaran yang digunakan masih bersifat manual, bertatap muka dan sering mengalami kendala dalam pertemuannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem dan merancang

aplikasi E-Learning berbasis web pada SMA NEGERI 1 Mranggen agar dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu masalah yang dihadapi guru dan siswa di luar jam pelajaran, seperti kurangnya waktu komunikasi antara guru dan siswa, pencarian informasi mengenai materi yang diajarkan, dan tentunya untuk memudahkan guru dalam pemberian materi kepada siswa. Hasil yang dicapai adalah ketersediaan aplikasi pendukung kegiatan belajar mengajar yang dapat diperoleh tanpa terikat waktu dan tempat.

Analisa dan perancangan aplikasi E-learning berbasis web pada SMA NEGERI 1 Mranggen merupakan suatu aplikasi yang dirancang dengan menggunakan alat bantu pengembangan sistem yaitu Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari Usecase diagram, Activity diagram, Class diagram, Squence diagram. Aplikasi yang dibangun menyediakan fasilitas pembelajaran bagi siswa dan guru yaitu tentang pemberian materi, pemberian tugas, dan pemberian kuis. Dengan  menggunakan macromedia mx 2004 sebagai text editornya dan bahasa pemprograman PHP MyAdmin sebagai Web Server serta Database MYSQL yang dihasilkan terdiri dari beberapa tabel yaitu : Tabel guru, Tabel Siswa, Tabel Mata Pelajaran, Tabel Kuis, Tabel Materi, Tabel Tugas, Serta menghasikan beberapa menu admin yang terdiri dari Data Guru, Data Siswa, Data Mata pelajaran, Data Kelas sedangkan data guru dan data siswa terdiri dari materi, tugas, forum diskusi, kuis dan petunjuk penggunaan.

 

Kata kunci : E-learning, Php, Database, UML

 

Published
2013-02-19
How to Cite
EKA JAYANTI0. (2013). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMA NEGERI 1 MRANGGEN. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1081