PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN DI BALAI PENGOBATAN RUMAH BERSALIN NARWASTU KARANGAWEN

  • 08.01.55.0129 Ulfah Hasanah

Abstract

Abstrak

Rumah bersalin menjadi salah satu lembaga atau organisasi yang memberikan solusi bagi permasalahan kesehatan masyarakat terutama masalah yang berhubungan dengan kelahiran atau kesehatan ibu dan anak. Agar menunjang proses yang berjalan di Rumah Bersalin dan proses – proses lainya agar bisa menghasilkan layanan yang optimal terhadap masyarakat dan membantu proses – proses  dalam Rumah Bersalin tersebut, yaitu memanfaatkan teknologi sistem informasi. Hal ini akan membantu dalam penginputan, pengolahan dan penyajian informasi secara cepat, tepat, akurat dan berkualitas.

Di Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Narwastu Karangawen didalam pelayananya belum menggunakan fasilitas atau aplikasi khusus yang bisa melaporkan pelayanan pasien secara cepat dan akurat kerena proses pembuatan laporan kunjungan pasien , data obat yang diberikan kepada pasien, rekam medis pasien untuk pengolahan datanya masih dilakukan secara manual oleh petugas belum menggunakan sistem informasi yang secara otomatis.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pelayanan yang ada pada Balai Pengobatan Rumah Bersalin Narwastu Karangawen ini untuk mendukung di dalam pengolahan data pasien agar terciptanya sistem pelayanan yang cepat, tepat, akurat dan memuaskan bagi pasien.

 

Kata Kunci : Balai Pengobatan Rumah Bersalin, Sistem, Pelayanan.

Published
2013-02-19
How to Cite
Ulfah Hasanah0. (2013). PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN DI BALAI PENGOBATAN RUMAH BERSALIN NARWASTU KARANGAWEN. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1075