RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN PASIEN RAWAT JALAN PADA BALAI PENGOBATAN DAN RUMAH BERSALIN TELAGA HUSADA

  • 08.01.55.0093 ULFATULLAIKAH

Abstract

Abstraksi

Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Telaga Husada yang terletak di Desa Tlogomulyo, kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Selama ini sistem yang ada di Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Telaga Husada masih menggunakan sistem manual, dan sering mengalami banyak kendala yang dihadapi terutama pada masalah pengelolaan keuangan pasien khususnya pada pengelolaan keuangan pasien rawat jalan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan keuangan pasien rawat jalan pada Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Telaga Husada dan kemudian menganalisa, merancang, dan membangun suatu rancang bangun aplikasi pengelolaan keuangan pasien rawat jalan pada Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Telaga Husada yang berbasis komputer.

Rancang bangun aplikasi pengelolaan keuangan pasien rawat jalan pada Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Telaga Husada merupakan suatu aplikasi yang dirancang Dengan menggunakan metodologi penelitian yaitu SDLC (System Development Life Cycle). Dan menggunakan alat bantu pengembangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relation Diagram (ERD). Serta menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Access 2003. Sedangkan perancangan output (laporan) menggunakan Crystal Report 8.5.

Database yang dihasilkan terdiri dari beberapa tabel yaitu tabel petugas, tabel pasien, tabel dokter, tabel obat, tabel tindakan medis, dan tabel biaya. Serta menghasilkan beberapa form yang terdiri dari form petugas, form pasien, form dokter, form obat, form tindakan medis, dan form transaksi. Sedangkan output terdiri dari beberapa laporan yaitu laporan pasien rawat jalan, laporan dokter, laporan obat, laporan tindakan medis, laporan faktur atau transaksi (nota pembayaran pasien ), laporan rekam medis (RM), laporan pendapatan, laporan pengeluaran tindakan medis, laporan pengeluaran obat, dan laporan persediaan obat. Untuk mengurangi resiko kerusakan data maka perlu dilakukan pemback-upan data (membuat salinannya).

Kata kunci : Rancang Bangun, Aplikasi Pengelolaan Keuangan, Pasien Rawat  Jalan

Published
2013-02-19
How to Cite
ULFATULLAIKAH0. (2013). RANCANG BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN PASIEN RAWAT JALAN PADA BALAI PENGOBATAN DAN RUMAH BERSALIN TELAGA HUSADA. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1070