SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAN STUDI KASUS : PT.ARVIA JAYA BAN SEMARANG

  • 08.01.55.0074 DEDDY SAPUTRA

Abstract

ABSTRAK

Deddy Saputra.2012. Sistem Informasi Persediaan Ban Studi kasus PT. Arvia Jaya Ban Semarang. Skripsi. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

 

PT. Arvia Jaya Ban Semarang adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusi ban terbesar seluruh jawa tengah. Dengan banyak gudang dan banyak barang, perusahaan sering mengalami masalah kehabisan barang sehingga sering kehilangan kesempatan penjualan.

Peneliti Bertujuan untuk merancang sebuah perangkat lunak yang membantu jalannya sistem persediaan yang masih sebagian dilakukan secara manual dengan manajemen banyak gudang. Perangkat lunak dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan alat bantu yang digunakan adalah IDE NETBEANS sebagai editor listing program, XAMPP sebagai web server, dan basis data yang digunakan adalah MySQL. Dengan berbasis multi user, maka perangkat lunak dapat digunakan dalam lingkup gudang, lingkup pembelian dan penjualan.

Hasil dari perangkat lunak diharapkan dapat memudahkan perusahaan dalam menangani masalah persediaan dengan banyak gudang dan dapat menghemat waktu pencatatan transaksi sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan pelanggan serta laporan dapat segera dicetak untuk bagian manajerial.  Adapun perangkat lunak yang dihasilkan masih memerlukan pengembangan untuk masa yang akan datang, sehingga diharapkan menjadi siklus hidup penelitian yang lebih sempurna.

 

 

Kata Kunci: Inventory, Sistem Informasi, Manajemen Persediaan, Gudang

Published
2013-02-19
How to Cite
DEDDY SAPUTRA0. (2013). SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAN STUDI KASUS : PT.ARVIA JAYA BAN SEMARANG. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1060