Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Pelayanan pada RSUD TUGUREJO SEMARANG

  • 08.01.55.0038 LILIS PUSPITA SARI

Abstract

Abstrak

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo-Semarang merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sebelumnya merupakan salah satu rumah sakit khusus kusta dan merupakan pusat rujukan di Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan RSUD ini merupakan salah satu wujud upaya pemenuhan fasilitas umum, khususnya kesehatan bagi masyarakat. Kondisi social masyarakat yang semakin menigkat menyebabkan masyarakat sadar akan kualitas pelayanan yang diberikan. Peningkatan kualitas dan mutu  pelayanan kesehatan yang lebih berorientasi pada kepuasan pasien atau konsumen. Di dalam mencapai tujuan yang berorientasi pada kepuasan pasien yang meliputi aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan pihak rumah sakit dalam mengambil keputusan untuk meghasilkan suatu  perubahan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan. Selain itu pasien atau konsumen dapat dengan mudah melakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan pada RSUD Tugurejo Semarang.

Hasil yang dicapai dalam skripsi ini adalah dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Pelayanan pada RSUD Tugurejo Semarang. Pada akhir skripsi ini terdapat saran yang salah satunya adalah perlu adanya pengembangan Sistem Pendukung Keputusan sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang diinginkan pihak rumah sakit dan diikuti dengan perkembangan teknologi.

 

Kata Kunci :

Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Sistem pendukung keputusan

Semarang : Juli 2012

Published
2013-02-19
How to Cite
LILIS PUSPITA SARI0. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Pelayanan pada RSUD TUGUREJO SEMARANG. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1053