Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Pelayanan pada RSUD TUGUREJO SEMARANG
Abstract
Abstrak
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo-Semarang merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sebelumnya merupakan salah satu rumah sakit khusus kusta dan merupakan pusat rujukan di Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan RSUD ini merupakan salah satu wujud upaya pemenuhan fasilitas umum, khususnya kesehatan bagi masyarakat. Kondisi social masyarakat yang semakin menigkat menyebabkan masyarakat sadar akan kualitas pelayanan yang diberikan. Peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan yang lebih berorientasi pada kepuasan pasien atau konsumen. Di dalam mencapai tujuan yang berorientasi pada kepuasan pasien yang meliputi aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Oleh karena itu, dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan pihak rumah sakit dalam mengambil keputusan untuk meghasilkan suatu perubahan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan. Selain itu pasien atau konsumen dapat dengan mudah melakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan pada RSUD Tugurejo Semarang.
Hasil yang dicapai dalam skripsi ini adalah dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Pelayanan pada RSUD Tugurejo Semarang. Pada akhir skripsi ini terdapat saran yang salah satunya adalah perlu adanya pengembangan Sistem Pendukung Keputusan sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang diinginkan pihak rumah sakit dan diikuti dengan perkembangan teknologi.
Kata Kunci :
Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Sistem pendukung keputusan
Semarang : Juli 2012