APLIKASI KAMUS ARTI KATA ISTILAH KOMPUTER BERBASIS ANDROID

  • 08.01.55.0033 Achmad Zen

Abstract

Abstrak

Kebutuhan  masyarakat  terhadap  layanan  teknologi  berbasis  IT  sangat bervariatif,  salah  satu  kebutuhan  tersebut adalah  kebutuhan  akan  ketersediaan  kamus komputer. Kamus komputer merupakan  salah  satu kamus yang di perlukan oleh masyarakat, kamus  istilah  komputer  yang  saat  ini  banyak beredar  dalam  bentuk  buku,  namun  banyak  penggunaannya menyulitkan  karena pengguna harus mencari arti dan istilah komputer secara manual, disisi  lain buku sangat  sulit  untuk  dibawa  dan  tidak  dapat  di  update  setiap  saat.

Aplikasi kamus arti kata istilah komputer berbasis android pada smartphone dengan menggunakan salah satu paket java dan xml Eclipse Galileo. Database yang digunakan adalah database Sqlite dengan menggabungkan 2 tabel yaitu tabel kamus dan tabel kamus2. Tabel kamus berisi kata bawaan dari aplikasi ini dan tabel kamus2 berisi kata yang telah diinputkan user. Metode untuk menggabungkan 2 tabel dengan menggunakan perintah union.

Aplikasi berbasis android ini dapat mudah digunakan (user  friendly),  sehingga mempermudah user dalam mencari arti kata istilah komputer dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Serta dapat menambahkan kata sesuai dengan kebutuhan user tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet.

 

 

Kata kunci : Android, Istilah komputer, Java, Kamus, Smartphone, SQLite, Xml.

 

Published
2013-02-19
How to Cite
Achmad Zen0. (2013). APLIKASI KAMUS ARTI KATA ISTILAH KOMPUTER BERBASIS ANDROID. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1052