CUSTOMER RETIONSHIP MANAGEMENT FREQUENTLY ASKED QUESTION BERBASIS WEB di Universitas Stikubank Semarang

  • 08.01.55.0009 Erlangga Suryo Adi

Abstract

Abstraksi

Karena menyadari banyak universitas berusaha mencari cara yang dapat meningkatkan kualitas layanan pada mahasiswa. Diperlukan suatu strategi dalam menjalankan proses yang dapat mengoptimalkan pelayanan, yaitu dengan menerapkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).

CRM adalah pendekatan secara sistematis dalam memanfaatkan informasi dan juga komunikasi untuk membangun hubungan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan antara mahasiswa dan universitas. Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada suatu instansi. Serta digunakan untuk memberikan informasi pada user mengenai informasi yang dibutuhkan. Frequently Asked Question (FAQ) adalah salah satu cara dalam menyampaikan informasi kepada user yaitu dengan menampilkan informasi secara lengkap.

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah memberikan kemudahan akses informasi tentang Universitas Stikubank Semarang baik untuk mahasiswa maupun masyarakat umum. Dalam membuat system ini penulis menggunakan metode prototype. Metode ini dipilih karena pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Hasil aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi Universitas Stikubank Semarang dalam melaksanakan tugas dalam melakukan pelayanan terhadap mahasiswa maupun masyarakat umum.

Dengan disusunnya skripsi ini diharapkan dapat memfasilitasi Universitas Stikubank Semarang dalam melaksanakan tugas dalam melakukan pelayanan terhadap mahasiswa maupun masyarakat umum.

 

Pembimbing II

 

(Imam Husni Al Amin, S.T)

 

 

Pembimbing I

 

(DR.Drs. Yohanes Suhari M.MSI)

 

 

Semarang,     Juli 2012

Kata kunci : CRM, FAQ

Published
2013-02-19
How to Cite
Erlangga Suryo Adi0. (2013). CUSTOMER RETIONSHIP MANAGEMENT FREQUENTLY ASKED QUESTION BERBASIS WEB di Universitas Stikubank Semarang. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1048