SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PADA PUSKESMAS KECAMATAN PEGANDON BERBASIS MULTI USER”

  • 08.01.55.0004 ANDHIKA DWI ARIYANTO

Abstract

Abstrak

Perumusan masalah pada peneliti ini adalah bagaimana merancang dan menyajikan suatu Sistem Informasi Rawat Inap pada Puskesmas Kecamatan Pegandon ?

Tujuan penulisan ini adalah menganalisa data dan sistem yang telah ada serta memperbaikinya sehingga dapat menyajikan informasi administrasi pembayaran secara akurat dan tepat serta mempercepat proses pembuatan laporan. Analisa terhadap perancangan sistem baru pada sistem informasi rawat inap yang berbasis multi user meliputi evaluasi terhadap sistem yang diusulkan, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), Struktur  Database, Perancangan Aplikasi, Implementasi Sistem.

Berdasarkan hasil analisa dan penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat diambil kesimpulan permasalahan sistem yang sedang berjalan pada Puskesmas Kecamatan Pegandon saat ini adalah masih dilakukan secara manual, sehingga dalam penyajian informasinya sering kali tidak efektif dan efisien. Dalam proses pengolahan data yang semakin meningkat jumlahnya, membutuhkan alat bantu (komputer) yang dapat mengakses data dengan cepat. Sistem informasi yang baru dengan penerapan komputerisasi diharapkan dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan tepat waktu.

 

Kata kunci

Sistem Informasi Rawat Inap, DFD, ERD, Database, Perancangan Aplikasi

 

Published
2013-02-19
How to Cite
ANDHIKA DWI ARIYANTO0. (2013). SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PADA PUSKESMAS KECAMATAN PEGANDON BERBASIS MULTI USER”. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1046