SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MATA EYE DISEASE DIAGNOSIS EXPERT SYSTEM

  • 07.01.55.0049 DANANG DAVID SAPUTRO

Abstract

Abstrak

 

Dunia akan terasa indah bila kita bisa menikmati isinya. Salah satu cara untuk menikmati keindahan itu adalah dengan  menggunakan mata. Meski bukan segala-galanya, mata adalah bagian dari panca indera yang fungsinya cukup vital untuk membantu kita dalam  menjalani berbagai macam aktifitas dan kegiatan. Ini merupakan hal yang tidak mungkin bisa dibantah. Karena itulah, penting bagi kita agar selalu menjaga kesehatan dua benda yang letaknya berada di kepala ini. Terutama dari serangan berbagai jenis penyakit mata yang terkadang bisa mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain. Selain itu, kita juga perlu mengenalnya agar bisa melakukan  penyembuhan sekaligus pencegahan.

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang mampu meniru kemampuan seorang pakar dalam menalarkan suatu permasalahan tertentu untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kemampuan penalaran suatu sistem pakar ditentukan oleh suatu mesin inferensi baik penalaran ke depan (forward chaining) maupun penalaran ke belakang (backward chaining). Banyak kasus yang bisa dijadikan penelitian dalam sistem pakar, salah satunya adalah penyakit  mata. Pada penelitian kali ini akan dirancang sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit mata, metode sistem pakar yang digunakan adalah metode forward chaining. Basis pengetahuan dari sistem pakar diagnosa penyakit mata ini, dibangun dengan menggunakan kaidah sistem produksi (IF-THEN) dengan pembuatan tabel keputusan dari data-data penunjang yang dikutip dari Buku Ikhtisar Penyakit Mata dan wawancara langsung dengan dokter spesialis mata.

Sistem ini dapat menyimpulkan jenis penyakit mata yang dialami pengguna berdasarkan pertanyaan gejala-gejala yang dimasukkan ke dalam sistem tanpa harus bertanya kepada seorang dokter spesialis penyakit mata. Selain itu sistem ini juga akan memberikan penyebab penyakit, cara pengobatan penyakit tersebut sehingga pengguna dapat mengetahui jenis penyakit yang mereka derita serta mengetahui penyebab dan cara pengobatannya.

Kata Kunci

Sistem Pakar, Penyakit, Mata, Forward Chainning.

 

Published
2013-02-19
How to Cite
DANANG DAVID SAPUTRO0. (2013). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MATA EYE DISEASE DIAGNOSIS EXPERT SYSTEM. Information Technology and Telematics, 1(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/1037