RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI PENCITRAAN IRIS MATA (Studi Kasus : Pada Klinik Medical Syariah ‘Ar-Ridho’ Yarobbi)

  • Saefurrohman .

Abstract

Pemanfaatan organ tubuh manusia telah banyak dibuktikan memberikan hasil yang akurat. Salah satu pemanfaatan organ tubuh untuk mendiagnosa adalah menggunakan iris mata. Iris mata menyimpan berbagai informasi segala perubahan dan ketidakseimbangan tubuh manusia. Iridologi adalah ilmu pengetahuan dan praktik yang dapat mengungkapkan adanya peradangan (inflamasi), penimbunan toksin dalam jaringan, bendungan kelenjar (congestion), dimana lokasinya (pada organ mana), dan seberapa tingkat keparahan kondisinya (akut, subakut, kronis, dan degeneratif). Iris mata dapat menggambarkan tentang sistem tubuh baik kekuatan ataupun kelemahannya. Pola, struktur, warna, dan tingkat kecerahan di bagian iris mata menggambarkan keadaan bagian tubuh tertentu dan berhubungan dengan keadaan aktifitasnya, luka, iritasi, atau adanya degenerasi jaringan dan organ.

Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah aplikasi sistem pakar Iridologi disertai dengan kamera sebagai perangkat pendukung dalam mendeteksi gangguan organ tubuh manusia. Selain itu, juga dapat menghasilkan rekam medis sebagai laporan pemeriksaan dan acuan bagi pemeriksaan selanjutnya.

Keywords iridologi, iris, sistem pakar, rekammedis
Published
2011-03-01
How to Cite
., S. (2011). RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI PENCITRAAN IRIS MATA (Studi Kasus : Pada Klinik Medical Syariah ‘Ar-Ridho’ Yarobbi). Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 3(1). https://doi.org/10.35315/informatika.v3i1.914
Section
Articles