SISTEM MONITORING TINGKAT KETINGGIAN AIR BENDUNGAN BEBASIS MIKROKONTROLLER

  • Zuly Budiarso

Abstract

Sistem Monitoring Tingkat Ketinggian Air merupakan sebuah peralatan yang berfungsi mendeteksi ketinggian air oleh sensor dan hasil dilaporkan melalui sebuah perlatan display yang berupa LCD dan LED. Peralatan tersebut dibagi menjadi tiga tiga bagian, yaitu Sensor, Mikrokontroler dan LCD Display. Sensor berfungsi masukan, yang berupa  hasil deteksi sensor ketinggian air. Masukan dari sensor merupakan sinyal informasi yang akan diolah oleh mikrokontroller. Keluaran dari mikrokontroler adalah informasi tentang tingkat ketinggian air yang ditunjukkan oleh LCD dan LED.

Dalam penelitian ini digunakan mikrokontroller ATMega 8535, pemrograman menggunakan CVAVR, sedangkan perangkat lunak pemrograman dan donloader menggunakan CodeVisionAVR Versi 2.03.9. Program interface yang digunakan terdiri dari program untuk deteksi sensor, program untuk pengolahan sinyal dan program untuk menghasilkan informasi yang ditampilkan pada LCD dan LED.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah dalam perancangan perangkat keras diperlukan ketelitian dalam menghitung besar kecilnya tegangan dan arus yang dihasilkan oleh sensor, karena besarnya tegangan yang dihasilkan oleh sensor akan berpengaruh pada kinerja mikrokontroler. Hasil yang diperoleh dari peralatan ini masih bersifat kualitatif. Agar peralatan dapat berfungsi secara optimal diperlukan sensor yang dapat mengasilkan besaran sinyal secara kuantitatif. Sehingga perubahan tingkat ketinggian dapat diamati lebih teliti.

 

KataKunci : mikrokontroler, sensor, rangkaian
Published
2011-03-01
How to Cite
Budiarso, Z. (2011). SISTEM MONITORING TINGKAT KETINGGIAN AIR BENDUNGAN BEBASIS MIKROKONTROLLER. Jurnal Dinamika Informatika, 3(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/908
Section
Articles