E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN

  • Yohanes Suhari

Abstract

Perkembangan pengguna komputer sangat cepat serta didukung oleh sermakin terjangkaunya harga komputer serta semakin mudahnya penggunakan komputer semakin membuka peluang terbentuknya pasar maya (pasar digital). Perkembangan pengguna internet yang cepat mendorong dunis usaha untuk memanfaatkan internet sebagai sarana untuk berhubungan dengan konsumen. Keputusan membeli oleh konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat dikelompokan menjadi : (1) Stimuli pemasaran; (2) Lingkungan sosial budaya masyarakat; dan (3) Psikologi konsumen. Langkah-langkah yang dilakukan oleh konsumen hinga keputusan membeli dan setelah keputusan membeli adalah sebagai berikut : (1) Pengenalan kebutuhan oleh konsumen; (2) Pencarian informasi tentang produk yang diinginkan; (3) Evaluasi dari berbagai produk yang dipilih agar mendapatkan produk yang paling sesuai kebutuhan; (4) Keputusan membeli produk; dan (4) Perliku setelah mengkonsumsi/menggunakan produk (kepuasan).

Kata kunci : perilaku konsumen, keputusan membeli, faktor yang mempengaruhi keputusan membeli.

Published
2010-10-01
How to Cite
Suhari, Y. (2010). E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN. Jurnal Dinamika Informatika, 2(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/898
Section
Articles