MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GEDUNG BERSEJARAH SPIEGEL SEMARANG MENGGUNAKAN AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY

  • Jati Sasongko Wibowo Universitas Stikubank
  • Herny Februariyanti Universitas Stikubank
  • Mardi Siswo Utomo Universitas Stikubank

Abstract

Teknologi augmented reality (ar) dan virtual reality (vr) dapat diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran. Penggunakan teknologi ar/vr pada media pembelajaran akan membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif akan membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Materi yang dapat disampaikan melalui media pembelajaran yang interaktif salah satunya pengenalan dan pelestarian peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah sekarang ini banyak yang melupakan dan tergerus oleh kemajuan jaman dan perkembangan teknologi.

Penggunakan teknologi ar maupun vr  akan dapat mengenalkan dan melestarikan peninggalan sejarah dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Generasi muda yang sangat dekat dengan kemajuan teknologi akan dapat juga melestarikan peninggalan sejarah dengan kemajuan teknologi pula. Metode dalam pembuatan media pembelajaran yang menggunakan teknologi ar maupun vr menggunakan research and development. Alat untuk pengembangan media pembelajaran menggunakan unity3d yang hasil akhirnya berbasis pada android.

Hasil pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan oleh siapapun dengan tidak mengenal umur dan tidak terlalu gagap terhadap teknologi. Media pembelajaran ini juga dapat lebih memudahkan pengguna dalam memahami terhadap materi yang disampaikan karena bentuknya yang menarik dan interaktif.

References

[1] Wikipedia, “Gedung H. Spiegel”, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_H._Spiegel
[2] Indische Literaire, “Spiegel”, [Online]. Available: https://www.indischeliterairewandelingen.nl/index.php/wandelingen/125-semarang-oude-stad
[3] Olivier Johannes Raap, “Kota di Djawa Tempo Doeloe”.
[4] K. Nistrina, “Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 03, no. 01, pp. 1–6, 2021.
[5] M. S. S. Rivi Hamdani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital Di Jurusan Teknik Informatika Unesa,” J. It-Edu, vol. 4, no. 52, pp. 153–161, 2020.
[6] R. Mauludin, A. S. Sukamto, and H. Muhardi, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 2, p. 117, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i2.22676.
[7] I. Aripin and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf,” Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 2, p. 47, 2019, doi: 10.35580/sainsmat82107192019.
[8] S. Balandin, I. Oliver, S. Boldyrev, A. Smirnov, N. Shilov, and A. Kashevnik, “Multimedia services on top of M3 Smart Spaces,” Proc. - 2010 IEEE Reg. 8 Int. Conf. Comput. Technol. Electr. Electron. Eng. Sib., vol. 13, no. 2, pp. 728–732, 2010, doi: 10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.
[9] F. D. Mukti, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim,” Elem. Islam. Teach. J., vol. 7, no. 2, p. 299, 2019, doi: 10.21043/elementary.v7i2.6351.
[10] J. Sahertian, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Sel,” J. Teknol. Elektro dan Kejuru., vol. 19, no. 1, pp. 9–14, 2013, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/4090
[11] D. T. Kumoro, D. S. C. Saputri, and A. Apriani, “Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru Smp,” Semnasteknomedia …, pp. 1–6, 2017, [Online]. Available: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/viewFile/1787/1509
[12] Y. Aprilinda, R. Y. Endra, F. N. Afandi, F. Ariani, A. Cucus, and D. S. Lusi, “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama,” Explor. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 11, no. 2, p. 124, 2020, doi: 10.36448/jsit.v11i2.1591.
[13] K. Y. Dharma, N. Sugihartini, and I. K. R. Arthana, “Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 298–307, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481.
[14] F. Abdillah, C. Riyana, and M. Alinawati, “Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama,” Edutcehnologia, vol. 2, no. 2, pp. 346–352, 2018.
[15] S. Ariatama, M. M. Adha, R. Rohman, and ..., “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik,” Semnas FKIP …, vol. 2, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/32006/
[16] S. Sulistyowati and A. Rachman, “Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar,” J. Ilm. NERO, vol. 3, no. 1, pp. 37–44, 2017, [Online]. Available: http://nero.trunojoyo.ac.id/index.php/nero/article/download/71/77
[17] J. Fisika and U. Negeri, “Millealab Media Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Reality untuk Mengajarkan Topik Pemanasan Global,” no. 20, pp. 104–110, 2003.
[18] M. Supriadi and L. V. Hignasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 578–581, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1662.
Published
2021-03-31
How to Cite
Wibowo, J., Februariyanti, H., & Utomo, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GEDUNG BERSEJARAH SPIEGEL SEMARANG MENGGUNAKAN AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 13(1), 55-62. https://doi.org/10.35315/informatika.v13i1.8923
Section
Articles