DETEKSI GROWTHRING PADA KAYU DENGAN METODE EDGE LINKING

  • Siti Munawaroh

Abstract

Pihak Perhutani perlu mengetahui informasi tentang umur kayu jati, supaya pada waktu pemotongan dapat langsung diketahui umur dari kayu jati. Untuk memberikan informasi yang baik mengenai umur kayu jati, diperlukan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai umur kayu jati. Umur kayu dapat diketahui berdasarkan lingkaran tahun pada kayu atau disebut juga dengan growthring.

Untuk mendeteksi growthring pada kayu salah satu metode yang bisa digunakan adalah menggunakan Edge Lingking. Sedangkan untuk mendeteksi Edge Lingking proses yang sebelumnya harus dilakukan adalah proses Edge Detection. Tahapan yang dilakukan pada deteksi growthring kayu dengan metode edge linking adalah pembacaan citra, deteksi dan analisis, dan tampilan rekonstruksi lingkaran tahun pada kayu. Pada proses deteksi dan analisis yang proses dilakukan adalah  Edge Detection,  deteksi kurva dan analisis lingkaran menggunakan Edge Linking.

 

Kata Kunci : Growthring, Edge Detection, Edge Linking.

Published
2010-10-01
How to Cite
Munawaroh, S. (2010). DETEKSI GROWTHRING PADA KAYU DENGAN METODE EDGE LINKING. Jurnal Dinamika Informatika, 2(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/891
Section
Articles