SISTEM RESPON CEPAT DAN TANGGAP PENANGANAN PENGADUAN

  • Nurul Falah Apriliyanti Universitas Muria Kudus
  • Arief Susanto Universitas Muria Kudus
  • Evanita Evanita Universitas Muria Kudus

Abstract

Pengaduan merupakan proses penyampaian keluhan terhadap suatu kejadian atau permasalahan serta membutuhkan suatu tindakan penanganan dari petugas instansi atau pihak yang berwenang secara cepat. Respon cepat dan tanggap merupakan tindakan yang diberikan oleh petugas instansi dengan mendatangi lokasi kejadian untuk memberikan penanganan terhadap suatu kejadian. Permasalahan yang ada dalam studi kasus penelitian di Desa Piji Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, belum ada fasilitas untuk menyampaikan pengaduan kepada pihak terkait. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 7,668 jiwa, terdapat 9 RW 42 RT dan 3 dukun/dukuh yang mewakili keberadaan masyarakat kudus yang berjumlah 423777 di tahun 2020 dari hasil sensus, sangat memerlukan adanya fasilitas yg dapat digunakan oleh masyarakat dalam penyampaian pengaduan yg terjadi dimasyarakat. Sistem respon cepat dan tanggap penanganan pengaduan merupakan sistem pelaporan pengaduan berbasis web, metode waterfall digunakan dalam pengembangan sistem, black box testing digunakan untuk pengujian perangkat lunak. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan pengaduan dan membantu memberikan informasi kepada petugas (desa, kepolisian. Pemadam kebakaran, dll) secara up to date.

References

[1] W. A. Yohanitas, "Strategi Penanganan Pengaduan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik," Jurnal ilmu Administrasi, vol. 15, no. 1, pp. 103-115, 2018.
[2] R. Ordila, Mardeni and Admiral, "Rancang Bangun Sistem Pengaduan Bencana di BPBD Siak (Menggunakan Framework Codeigniter)," Jurnal Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 14-19, 2021.
[3] S. P. A. Alkadri and R. W. S. Insani, "Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak pada DPPPA Provinsi Kalimantan Barat," JEPIN (Jurnal edukasi dan penelitian Informatika), vol. 5, no. 3, pp. 329-337, 2019.
[4] M. A. Mu'tashim, H. Anra and H. Priyanto, "Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat pada Balai Besar POM Kota Pontianak Berbasis Mobile," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 94-104, 2020.
[5] S. Mulyani, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit : Analisis dan perancangan, Bandung: Abdi Sistematika, 2016.
[6] M. Naibaho, "Respon Masyarakat Terhadap Pesan Komunikasi Survei Sosial Ekonomi Nasional pada BPS Kota Pematangsiantar," Jurnal Simbolika, vol. 2, no. 1, 2016.
[7] P. Krisnayani, I. K. R. Arthana and I. G. M. Darmawiguna, "Analisa Usability pada Website UNDIKSHA dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation," Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 5, no. 2, pp. 158-167, 2016.
[8] M. Sabar, A. Heryanto and F. Lestari, "Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Santri Berbasis Android Studi Kasus: Pesantren Al-Hidayah Garut," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 5, no. 3, pp. 30-35, 2019.
[9] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2013.
[10] Marimin, H. Tanjung and H. Prabowo, Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Grasindo, 2006.
Published
2021-10-29
How to Cite
Apriliyanti, N., Susanto, A., & Evanita, E. (2021). SISTEM RESPON CEPAT DAN TANGGAP PENANGANAN PENGADUAN. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 13(2), 79-87. https://doi.org/10.35315/informatika.v13i2.8866
Section
Articles