PEMBUATAN ALAT UKUR DIAMETER OBJEK TIGA DIMENSI DENGAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO

  • Sri Tunjung Sujatmiko Unisbank
  • Eddy Nurraharjo

Abstract

Alat ukur merupakan benda yang sering dan banyak dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, sebagai contoh adalah alat ukur diameter. Alat ukur diameter yang sering digunakan saat ini adalah jangka sorong dan micrometer sekrup, dimana dalam pengukurannya harus mengetahui rumus perhitungan pada alat tersebut. Hal ini kurang efektif dan efisien dalam mengkur sebuah diameter.

Dari permasalahan tersebut memunculkan sebuah gagasan untuk membuat alat ukur diameter objek tiga dimensi yang bertujuan mempermudah dalam mengukur diameter objek tiga dimensi dan dapat menjadi alternatif alat ukur diameter objek tiga dimensi lain dalam kehidupan sehari-hari.

Objek tiga dimensi yang digunakan pada penelitian ini adalah kubus, karena sifat kubus yang berpermukaan rata sehingga dapat mempermudah dalam proses pengujian alat ukur nantiny. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Matematis Geometri yaitu dengan menerapkan rumus perhitungan matematika pada listing coding arduino untuk menemukan diameter objek yang diukur.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alat ukur objek tiga dimensi berserta aplikasi android yang digunakan sebagai monitor atau layar untuk mengetahui data hasil pengukuran.

References

Sepria Mulyadi, 2016, ”RANCANG BANGUN ALAT UKUR DIAMETER BUAH JERUK BERBASIS SENSOR JARAK ULTRASONIK SRF05”, Universitas Andalas, Padang.
Sholeh Rudi Hartono, Umi Fadhilah dan Gunawan Andriyanto, 2015, “RANCANG BANGUN ALAT UKUR SUHU, PANJANG, BERAT,SERTA LINGKAR KEPALA BAYI BERBASIS ARDUINO MEGA 2560”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Brian Akbar, 2018, “RANCANG BANGUN MESIN SORTIR IKAN TERI OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MEGA 2560”, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Afif Muhammad Khoiruddin, 2015, “PENGEMBANGAN ALAT UKUR TINGGI BADAN DAN BERAT BADAN DIGITAL YANG TERINTEGRASI”, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Setiawan, A. 2011. 20 Aplikasi Mikrokontroler ATMega 8535 dan ATMega16.
Andi Offset, Yogyakarta. 118 hal.
Pitowarno, E. 2006. Robotika: Desain, Kontrol, dan Kecerdasan Buatan. Andi
Offset, Yogyakarta. 348 hal.
Banzi, Massimo. 2009. Getting Started With Arduino. Amerika : O’Reilly.
Dinata, Yuwono Marta. 2015. Arduino Itu Mudah. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.
Eko P, Agfianto . 2003. Belajar Mikrokontroller AT89CS1/25/55 : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Gava Media.
Muhmmad, Afdali. 2017. Perancangan Alat Ukur Digital untuk Tinggi dan Berat Badan dengan Output Suara berbasis Arduino UNO. Jakarta :Jurnal ELEKOMIKA,2017.
Published
2020-10-21
How to Cite
Sujatmiko, S., & Nurraharjo, E. (2020). PEMBUATAN ALAT UKUR DIAMETER OBJEK TIGA DIMENSI DENGAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 12(2), 98-104. https://doi.org/10.35315/informatika.v12i2.8289
Section
Articles