AUTOMONITORING KELEMBABAN MEDIA TANAM

  • Muhammad Fahrurrozi Unisbank
  • Eddy Nurraharjo Unisbank

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan perkembangan industri elektronika sejalan dengan, perkembangan teknologi. Perubahan sistem analog menjadi sistem digital merupakan salah satu hal yang menjadikan perkembangan perangkat elektronika. Banyak peralatan canggih yang diciptakan dari perubahan sistem analog ke sistem digital misal dalam bidang pertanian, yang membutuhkan alat untuk memonitoring kelembaban media tanamnya.

Dasar pemikiran tersebut maka penulis akan membuat alat monitoring kelembaban media tanam dengan menerapkan sensor soil moisture dengan menggunakan arduino dan berbasis android. Alat ini dirancang dengan menggunakan perangkat keras seperti Arduino Uno R3, Modul Wifi Esp8266, Smartphone serta menggunakan sensor soil moisture untuk mendeteksi kelembaban media tanam.

Sensor soil moisture akan mendeteksi kelembaban media tanam yang akan dikontrol oleh arduino uno R3 sebagai mikrokontrolernya. Selanjutnya dari arduino akan mengirim data kelembaban secara real time ke server thingspeak menggunakan koneksi internet, aplikasi kelembaban pada smartphone akan menampilkan data kelembaban yang telah diambil dari server thingspeak menggunakan koneksi internet.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed