SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA PENYAKIT TANAMAN TALASBENTUL DENGAN METODE DEMPSTER-SAHFER

  • Diyan Bagus Istiyawan Universitas Stikubank
  • Setyawan Wibisono Universitas Stikubank

Abstract

Metode Dempster-Shafer merupakan metode penalaran non monotonis yang digunakan untuk mencari ketidakkonsistenan akibat adanya penambahan maupun pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada, sehingga metode Dempster-Shafer memungkinkan seseorang aman dalam melakukan pekerjaan seorang pakar. Dalam penerapannya Metode Dempster-Shafer ini menghitung besarnya kemungkinan suatu penyakit yang menyerang tanaman talas bentul berdasarkan nilai probabilitas densitas yang dimiliki setiap gejala yang mana nilai tersebut didapat dari seorang ahli pertanian. Diamana petani harus memilih gejala ditampilkan oleh sistem, kemudian sistem akan menghitung nilai kemungkinan terhadap suatu penyakit. Hasil yang dikeluarkan oleh sistem pakar ini adalah jenis hama atau penyakit, solusi, gambar  dan persentase nilai yang tertinggi, terhadap kemungkinan suatu hama atau penyakit yang menyerang tanaman talas bentul.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Nurcahya, H., Budi Daya dan Cara Olah Talas untuk Makanan dan Obat, Pustaka Baru Press, Yogyakarta, hal 82-91.
[2] Istiqomah, Y.N. dan Fadhil, A., (2013), Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster Shafer, Univ. Ahmad Dahlan, .
[3] Dahria, M , Rosindah, S dan Mukhlis, R., (2013), Sistem Pakar Metode Dampster Shafer Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak, Univ.Stimik Triguna Dharma.
[4] Vionital, S., Soebroto, A . A., dan Furqon, T . M., Sistem Pakar Pendeteksi Hama dan Penyakit Tanaman Mangga Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer, Univ.Brawijaya, Malang.
[5] Sari, M.D., (2012), Sistem Pakar untuk Diagnosa penyakit pada Tanaman Buah Naga menggunakan Metode Dempster Shafer, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Isalam Negri Syarif Kasim, Riau Pekanbaru.
[6] Hartati, S. & Iswanti, S., (2008) Sistem Pakar dan Pengembangannya, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[7] Kusumadewi, S., (2003) Artificial Intellegence, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2020-08-21
How to Cite
Istiyawan, D., & Wibisono, S. (2020). SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA PENYAKIT TANAMAN TALASBENTUL DENGAN METODE DEMPSTER-SAHFER. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(2), 92-107. https://doi.org/10.35315/informatika.v11i2.8156
Section
Articles