DESAIN FORECASTING PENJUALAN PADA ERAFONE ANDROID NATION PARAGON SEMARANG DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING

  • Tiara Agustiana Universitas Stikubank
  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank

Abstract

Erafone Android Nation Paragon Semarang yang bergerak dalam bidang penjualan retail handphone, kendala saat ini belum terdapat sistem peramalan penjualan untuk memprediksi penjualan setiap bulannya, untuk itu perusahaan ini memerlukan desain forecasting penjualan, untuk metode yang digunakan adalah menggunakan metode moving average dan exponential smoothing dengan objeknya  data penjualan yang ada pada perusahaan tersebut.Metode pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian yang dibuat, terciptanya sebuah desain  forecasting yang nantinya dapat digunakan untuk meramalkan penjualan handphone untuk bulan-bulan berikutnya dan menjadikan aplikasi ini bisa bermanfaat bagi perusahaan tersebut.

 

References

[1] Aria Bayu Elfajar,Budi Darma Setiawan,Candra Dewi.(2017).Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Batu Menggunakan Metode Time Invariant Fuzzy Time Series.Fakultas IlmuKomputer UNIVERSITAS RAWIJAYA,Malang.
[2] Cornellius, Trihendradi, 2005, SPSS 13. Analisis Data Statistik, Yogyakarta : Andi.
[3] Diana, Heldi., Nurakhman, Yandika. (2012) Sistem Penjualan Toko Sumber Saudara.Yogyakarta : Kerja praktek Teknik Informatika Universitas Indonesia.
[4] Friedpradhana.(2012) Forecasting (Peramalan), Website: https://fariedpradhana.wordpress.com diakses 20 Maret 2018.
[5] Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi, Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo.
[6] Iskandar, Rizki.A.(2017) Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Dengan Analisis Time Series Metode Double Exponential Smoothing (Brown) dan Single Moving Average di Wilayah Jawa Non jabodetabek,Skripsi,Program Studi Sistem Informasi,Fakultas Ilmu Komputer UDINUS, Semarang.
[7] Jogianto HM.2001.Analisis dan disain Sistem Informasi.Yogyakarya:Andi Offset.
[8] Rizkiyani, Mutiara.Penerapan Forecasting Methods untuk Meningkatkan Strategi Dalam Penjualan Ponsel Pada Sarang Cell Semarang,Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer UDINUS,Semarang.
[9] Tata Sutabri .2005. Sistem Informasi Manajemen.2005. Jakarta.
[10] Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi.Yogyakarta
Published
2020-08-21
How to Cite
Agustiana, T., & Suhari, Y. (2020). DESAIN FORECASTING PENJUALAN PADA ERAFONE ANDROID NATION PARAGON SEMARANG DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(2), 79-83. https://doi.org/10.35315/informatika.v11i2.8154
Section
Articles