RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID PENGINGAT JEMURAN PAKAIAN BERDASARKAN CUACA UNTUK WILAYAH SEMARANG

  • Okky Nurlitawati Universitas Stikubank
  • Herny Februariyanti Universitas Stikubank

Abstract

Sebuah informasi sangatlah penting bagi seseorang, mereka cenderung ingin mendapatkan segala informasi yang diinginkan hanya dengan menggunakan sebuah telepon seluler. Salah satu informasi tersebut yaitu tentang informasi cuaca, karena mereka cenderung menganggap bahwa cuaca memiliki pengaruh terhadap aktivitas sehari-hari mereka, sebagai contoh yaitu menjemur pakaian namun perubahan cuaca yang tidak menentu membuat aktivitas menjemur pakaian mereka menemui kendala dan yang paling sering terjadi adalah kendala lupa untuk mengangkat jemuran pakaian mereka. Untuk itu dibuatlah aplikasi android pengingat jemuran pakaian berdasarkan cuaca untuk wilayah Semarang. Dalam pembuatan aplikasi  android metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Software yang mendukung dalam pembuatan aplikasi meliputi : Android Studio, UMLet, JDK dan SDK. Aplikasi ini akan menampilkan saran bagi penggunanya dan memberikan alarm saat hujan akan turun.

 

References

[1] Dian dkk (2016), Jurnal Telkom University, Perancangan dan Implementasi Sistem Monitar Cuaca Menggunakan Mikrokontroler Sebagai Pendukung Sistem Peringatan Dini Banjir.
[2] Ricky dkk (2013), Jurnal Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pembuatan Aplikasi Prakiraan Cuaca Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic.
[3] Resha (2016), Jurnal STIMIK JABAR Bandung, Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android.
[4] Drs. Amir Syarifuddin, dkk, 2012, Sains Geografi I, Jakarta: Bumi Aksara.
[5] Anonim, 2013, The JSON Data Interchange Format Edisi 1, Geneva : Ecma International.
[6] Sugiarti, Yuni, S.T.M.Kom, 2013, Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Languege), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2020-08-21
How to Cite
Nurlitawati, O., & Februariyanti, H. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID PENGINGAT JEMURAN PAKAIAN BERDASARKAN CUACA UNTUK WILAYAH SEMARANG. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(2), 69-74. https://doi.org/10.35315/informatika.v11i2.8152
Section
Articles