APLIKASI E-COMMERE PADA HORNY CUPCAKES MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING

  • Riski Dellya Putri Universitas Stikubank
  • Muji Sukur Universitas Stikubank

Abstract

Horny Cupcakes adalah sebuah toko distro di Semarang yang menjual aneka pakaian. Horny Cupcakes memiliki pelanggan baik dari Semarang maupun dari luar Semarang seperti Jakarta, Bandung dan lainnya. Proses penjualan Horny Cupcakes saat ini yaitu pelanggan yang ingin membeli dan mencari tahu produk baru dari Horny Cupcakes langsung datang ke Horny Cupcakes untuk mencari dan memilih produk yang akan dibeli. Sistem rekomendasi menggunakan collaborative filtering adalah teknik yang paling banyak digunakan pada sistem rekomendasi. Seperti namanya, collaborative filtering bekerja dengan cara menjumlahkan rating atau pilihan dari suatu produk, menemukan profil / pola pengguna dengan melihat history rating yang diberikan pengguna, dan menghasilkan suatu rekomendasi baru berdasarkan perbandingan antar pola pengguna. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu prototipe, perancangan sistem menggunakan UML dan implementasi sistem menggunakan PHP dan MySQL. Aplikasi e-commerce pada Horny Cupcakes dapat memberikan rekomendasi penjualan produk yang diinginkan pelanggan dengan metode collaborative filtering sebanyak 3 produk dan rekomendasi best seller berdasarkan data penjualan terbanyak pada bulan dan tahun berjalan sebanyak 3 produk.

 

Kata Kunci : ,, , MySQL

References

[1] Christianti, M., Hadiguna, C., (2011) Aplikasi E-Commerce dengan Sistem Rekomendasi Berbasis Collaborative Filtering pada Toko Komputer Ekaria, Jurnal Informatika, 7 (2) Desember, pp.157-175
[2] Hidayatullah, P. & Kawistara, J. K., (2014) Pemrograman Web, Informatika, Bandung
[3] Imbar,R.V., Gunawan, D., (2013) Aplikasi Penjualan Komputer dengan Metode Crossselling dan Upselling Dilengkapi Algoritma Greedy Dalam Pengambilan Keputusan, Jurnal Sistem Informasi, 8 (1) Maret, pp.95-111
[4] Kundre, A.J., Wisnubadhra, I., Suselo, T., (2013) Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada PO. Chelsy, Tesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
[5] Ladjamudin, A.B, (2005), Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta
[6] Mulyanto, A., (2014), Sistem Informasi Konsep & Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
[7] Nugroho, B., (2013) Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver, Gava Media, Jakarta
[8] Pratama, P.A.E, (2015) E-commerce, E-Business dan Mobile Commerce, Informatika, Bandung
[9] Rosa. A.S. & Shalahuddin. M., (2014) Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung
[10] Xu, G., Zhang, Y., Li, L., (2010). Web Mining And Social Networking. Springer, New York
Published
2019-03-09
How to Cite
Putri, R., & Sukur, M. (2019). APLIKASI E-COMMERE PADA HORNY CUPCAKES MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 11(1), 31-35. https://doi.org/10.35315/informatika.v11i1.8146
Section
Articles