SPK PENGAMBILAN KREDIT RUMAH TANGGA DENGAN METODE BUDGETING BERBASIS ANDROID

  • Desylia Eka Nabela Putri Universitas Stikubank
  • Muji Sukur Universitas Stikubank

Abstract

Rumah bagi semua orang adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Namun, tidak semua keluarga mampu memenuhinya dikarenakan keuangan yang tidak dikelola dengan baik. Akibatnya, banyak keluarga yang terlilit hutang yang cukup besar. Maka dari itu, penulis bermaksud untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan pengambilan kredit rumah dengan metode budgeting berbasis android. Metode budgeting memperhitungkan pemasukan gaji dan pengeluaran kebutuhan rumah tangga. Jika sebuah keluarga menginginkan pembelian rumah secara kredit, maka dibutuhkan pula sebuah sistem pendukung keputusan dalam merekomendasikan rumah yang sesuai dengan budget sebuah keluarga. Apliksi SPK pengambilan kredit rumah tangga ini dapat membantu keluarga dalam memperhitungkan budget yang dimiliki dan mendapatkan rekomendasi rumah yang sesuai dengan keuangan yang dimiliki. 

 

 

References

[1] Dwi, S. and Jefta Ardhian, R. (2007) ‘Pengelolaan Keuangan Keluarga Pedagang Etnis Cina’, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7(2), pp. 70–81. Available at: ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/rebis/article/view/60.
[2] Kusumadewi, D. sri (2016) ‘Kompetensi Dasar Referensi Utama Pokok Bahasan’, SPK & Business Intelligence, pp. 1–12. Available at: repository.uin-suska.ac.id/3677/3/BAB II Landasan Teori.pdf.
[3] Shim, jae k and Siegel, joel g (2000) Budgeting. Edited by yati S. . sumharti. jakarta: erlangga.
Published
2018-10-13
How to Cite
Nabela Putri, D., & Sukur, M. (2018). SPK PENGAMBILAN KREDIT RUMAH TANGGA DENGAN METODE BUDGETING BERBASIS ANDROID. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 10(2), 95-101. https://doi.org/10.35315/informatika.v10i2.8139
Section
Articles