PENERAPAN DATA MINING NILAI PENJAJAKAN UJIAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING STUDI KASUS DI SMP “X” DI KOTA SEMARANG
Abstract
Untuk menghadapi Ujian Nasional memerlukan persiapan yang baik agar siswa mendapat nilai yang maksimal. Salah satu cara untuk menyiapkan siswanya, sekolah dan dinas terkait melakukan Penjajakan Ujian Nasional (PUN). SMP “X” di kota Semarang juga melakukan PUN, nilai PUN yang diperoleh kemudian diranking untuk pengelompokan kelas tambahan. Tiap kelas tambahan mempunyai 30 siswa. Siswa yang ranking 1-30 menempati kelas A, siswa yang ranking 31-60 di kelas B dan seterusnya.
Tujuan peneltian ini menganalisa nilai PUN dari 288 siswa dengan menggunakan metoda K-mean untuk mendapatkan cluster-cluster kelas tambahan sesuai dengan kebutuhan. Nilai PUN yang dianalisa adalah nilai Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Dari analisa yang sudah dikerjakan didapat bahwa jumlah cluster dapat ditentukan sesuai kebutuhan bidang akademik dan tiap cluster mempunyai cacah anggota yang berbeda.
References
[2] Jiawei Han dan Micheline Kamber dan Jian Pei, 2012, Data Mining Concepts and Techniques, New York, Morgan Kaufmann Publisher.
[3] Ian H Witten dan Eibe Frank dan Mark A Hall, 2011, Data Mining Practical Machine Learning Tools and Techniques, Burlington MA 01803 USA , Morgan Kaufmann Publishers is an imprint of Elsevier 30 Corporate Drive, Suite 400.
[4] Nur Rosyid Mubtada’I, Mike Yuliana, Beni Ilham Priyambodo, 2011, Analisa Perbandingan Clustering Metode Manual Dan Metode Single Linkage Untuk Menentukan Kinerja Agent Pada Call Centre Berbasis Asterisk For Java, Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS), Surabaya Indonesia.
[5] Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.
[6] https://www.scribd.com/doc/51963978/ANALISA-METODE-K-MEANS-PARTITIONAL-CLUSTERING-07560292
[7]https://www.academia.edu/9762272/LANDASAN_TEORI_1._Pengertian_Data_Mining_Data_mining