IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MEMBANTU PROSES PERSEDIAAN BARANG

  • Dio Matovani Universitas Stikubank
  • Kristophorus Hadiono Universitas Stikubank

Abstract

Penelitian ini akan membahas bagaimana mengimplementasi algoritma apriori dan asiosiasi untuk menghasilkan informasi yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelian persediaan barang agar proses tersebut dapat berjalan dengan tepat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu CRISP-DM yang terdiri dari , bussines understanding, data understanding, data preparation, modelling, evaluation, dan deployment.

Hal yang dilakukan pertama kali adalah pembersihan data dan normalisasi data guna menyingkirkan data yang tidak valid dan beberapa variabel yang tidak berguna untuk penggalian informasi. Berikut merupakan contoh sebelum dan setelah dilakukan kegiatan pembersihan data. Selanjutnya memasukan data yang telah dinormalisasi kedalam bentuk data frame supaya data transaksi dapat diproses untuk mendapatkan informasi yang berguna dengan mendapatkan pola asosiasi dari data tersebut, setelah itu mengubah format data dari format data frame menjadi format transaksi seperti pada gambar 3 supaya fungsi apriori dalam bahasa R dapat dijalankan.Setelah merubah format data menjadi bentuk transaksi selanjutnya menjalankan fungsi apriori.

Penentuan support dan confidence pada penelitian ini dilakukan dengan cara mencoba penentuan acuan dengan nominal rendah terlebih dahulu. Ditunjukan bahwa dengan support=0,001 dan confidence=0,001 belum mendapatkan hasil yang maksimal karena dengan penentuan nominal support dan confidence tersebut aturan yang dihasilkan terlalu banyak sehingga belum dapat menunjukan keterkaitan suatu itemset yang maksimal karena acuan nominal support dan confidence terlalu rendah. Dengan melakukan banyak uji coba akhirnya didapatkan support=0,02 dan confidence=0,3 adalah acuan maksimal yang didapatkan dari penelitian ini. Fungsi apriori diatas dengan penentuan support=0,02 dan confidence=0,3 menghasilkan rule yang diperoleh berjumlah enam.

References

[1] Nurchalifatun, F. (2015). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok KOPI. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro.
[2] Tyas, E. W. (2008). Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori untuk Analisa Pola Data Hasil Tangkapan Ikan. Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia. Jakarta.
[3] Rabbany, G. (2016). Analisis Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Inventori Apotek. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
[4] Kusrini, E. T. L. (2009). Algoritma data mining. Yogyakarta: Andi Offset.
[5] Prasetyo, E. (2012). Data Mining konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi.
Published
2018-10-13
How to Cite
Matovani, D., & Hadiono, K. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MEMBANTU PROSES PERSEDIAAN BARANG. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 10(2), 53-59. https://doi.org/10.35315/informatika.v10i2.8133
Section
Articles