PEMODELAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA SISTEM KONTROL MULTI I/O

  • Muji Sukur Universitas Stikubank
  • Eddy Nurraharjo Universitas Stikubank

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan telah mengelami perkembangan yang signifikan dalam kurun waktu tiga dekade terakhir dari sistem berorientasi model yang sederhana menjadi entitas multi-fungsi tingkat lanjut. Keputusan yang dibentuk didasarkan pada komputasi masa kini yang kuat (dan mahal) yang memberikan laporan terstruktur dan berkala atas sebuah tugas tertentu. Sistem Pendukung Keputusan mengalami pula perubahan dan pergeseran paradigma dan sistem yang lebih kompleks, yang menggabungkan, teknologi database canggih dan kemampuan klien / server, muncul dari berbagai bidang dalam proses bisnis.

 

Perluasan Internet yang cepat memberikan peluang tambahan untuk ruang lingkup Sistem Pendukung Keputusan dan akibatnya banyak sistem inovatif baru seperti sistem kendali yang menjadi topik pada artikel ini. Penelitian ini mencoba bentuk lain dari tinjauan sistem pendukung keputusan yang melekat pada sistem perangkat kendali atau lebih dikenal dengan mikrokontroler.

 

Kemampuan sistem kendali dalam memberikan 'tingkat kecerdasan' yang beragam dan memiliki perubahan yang dinamis, untuk itu sebuah implementasi sistem pendukung keputusan akan diterapkan pada sistem kendali multi I/O. Keberhasilan implementasi SPK ini pada akhirnya mampu meningkatkan kecerdasan sistem untuk penangan permasalahan yang muncul dalam mendukugn sistem kendali selanjutnya.

 

References

[1] Dhanisworo, Stephen, 2016, "Permainan Ketangkasan Berbasis Arduino", Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha.
[2] E Nurraharjo, 2011, “Analisis Model Akuisisi Data Terhadap Piranti Analog To Digital (ADC)”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi
[3] E Nurraharjo, 2012, ”Terminal Port Komputer sebagai Perantara Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi.
[4] E Nurraharjo, 2012, ”Implementasi Image Statistic Method pada Pengolahan Citra Digital”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi
[5] E Nurraharjo, 2013, ” Rangkaian Pembangkit Gelombang dengan menggunakan IC XR-2206”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi.
[6] Z Budiarso, EN Raharjo, V Lusiana, 2006, Laporan Penelitian, “Sistem Kendali Terpadu dengan Menggunakan Metode Octal Bus Transceiver with Non Inverting 3 State Output”
[7] https://www.allaboutcircuits.com/projects/monitor-temperature-with-an-arduino/https://www.arduino.cc/
[9] https://forum.arduino.cc/ https://www.bc-robotics.com/tutorials/using-a-tmp36-temperature-sensor-with-arduino/ http://interface.khm.de/index.php/lab/interfaces-advanced/arduino-frequency-counter-library/
[10] https://tekstop.wordpress.com/2011/09/21/humidity-sensor-hh10d/
[11] https://tushev.org/articles/arduino/6/interfacing-hh10d-with-arduino
[12] http://www.umsl.edu/~sauterv/analysis/488_f02_papers/dss.html
Published
2018-03-10
How to Cite
Sukur, M., & Nurraharjo, E. (2018). PEMODELAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA SISTEM KONTROL MULTI I/O. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 10(1), 40-46. https://doi.org/10.35315/informatika.v10i1.8131
Section
Articles