SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI PADA DOKUMEN CERITA KISAH NABI

  • Muhammad Syukron Isnan Banani Universitas Stikubank
  • Fatkul Amin Universitas Stikubank

Abstract

Mesin pencari saat ini sudah dapat membantu untuk menemukan dokumen. Akan tetapi dokumen yang terambil masih banyak jumlahnya. Sehingga memerlukan waktu yang lama untuk menemukan dokumen yang dibutuhkan. Kisah nabi adalah cerita tentang perjalanan orang yang menjadi pilihan allah. karena didalam kisah nabi banyak hal yang bisa diteladani tentang akhlak nabi, sifat-sifat para nabi dan budi pekerti sebagai pedoman hidup dalam ajaran umat muslim. Banyak kisah nabi yang dikenal masyarakat dianggap menjadi kendala karena terbatasnya sarana yang tersedia menemukan kisah nabi, oleh sebab itu dibangunlah suatu sistem temu kembali informasi (STKI) tentang kisah nabi yang menggunakan vector space model (VSM). Dengan VSM akan didapat hasil pencarian yang akurat.

 

References

[1] Agusta, L. (2009). perbandingan algoritma stemming porter dengan algoritma Nazief & Adriani untuk Stemming Dokumen Tesk Bahasa Indonesia, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, pp. 196-201.
[2] Amin, Fatkhul., (2012). Sistem Temu Kembali Informasi dengan Metode Vector Space Model.
[3] Hariyanto, B. (2004), Rekaya Sistem Berorientasi Objek, Cetak Pertama, Informati Bandung, Bandung.
[4] Madcoms. (2011). aplikasi web database dengan dreamweaver dan PHP-MySQL, Andi, yogjakarta.
[5] Munawar (2005), pemodelan visual, Graha Ilmu, Yogjakarta.
[6] Nugroho, B. (2004), PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweafer MX, Edisi pertama, Andi, Yogjakarta.
[7] Pressman, (2005). Software Engineering A Practicioners Approach.
[8] Salton, G. (1989), Automatic Text Processing, The Transformatiom, Analysis, and Retrieval of information by computer. Addison- Wesly Publishing Company, Inc. USA.
[9] Raharja, D. T. Y. (2015). Sistem Temu Kembali Informasi Dengan Metode Vector Space Model (Studi Kasus Abstraksi Skripsi Fti Unisbank) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS STIKUBANK).
[10] Sutarman, s.kom (2003). Membangun aplikasi web dengan ip dan MySQL. Graha Ilmu, Yogjakarta.
[11] Tala, F.Z. (2003). A Study of Stemming Effect on Information Retrieval in bahasa indonesia, Institut for logic, Language and Computation Universiteit van Amsterdam the Netherlands.
[12] Yates, R.B (1999), Modem Information Retrieval, addison Wesley-Pearson International editor, Boston, USA.
Published
2017-10-14
How to Cite
Isnan Banani, M., & Amin, F. (2017). SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI PADA DOKUMEN CERITA KISAH NABI. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 9(2), 72-83. https://doi.org/10.35315/informatika.v9i2.8118
Section
Articles