ANALISA PENGARUH TAUTAN EKSTERNAL PADA WEBSITE PROGDI SISTEM INFORMASI UNISBANK
Abstract
Tautan eksternal berfungsi sebagai incoming link dimana tautan yang dibuka user di website lain akan mengarahkan ke website kita. Maka dari itu, selain konten yang baik, dibutuhkan tautan eksternal untuk menunjang performa website agar lebih optimal. Dalam penelitian ini dianalisis sejauh mana peran tautan eksternal pada sistem terdahulu dan menemukan solusi agar pada sistem selanjutnya akan mengalami peningkatan yang signifikan.Di awal penelitian grafik jumlah pengunjung website hanya mencapai angka 13 pengunjung. Tercatat di dalam dua bulan terakhir, jumlah pengunjung ini dinilai masih sangat rendah. Kemudian diterbitkan beberapa konten untuk membantu di dalam performa website program studi Sistem Informasi. Konten yang diimplementasikan adalah konten yang sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization) dimana konten tersebut akan membantu meningkatkan ranking website pada mesin pencari.
Hasil analisa yang dilakukan menggambarkan bahwa meskipun sudah dilakukan beberapa kegiatan seperti memperbanyak penerbitan konten dan kegiatan incoming link, jumlah pengunjung masih belum mengalami perkembangan yang cukup signifikan (belum menduduki peringkat pertama di mesin pencari). Tautan eksternal yang telah dilakukan penulis sebanyak 300 website menunjukkan hasil pada jumlah pengunjung di bulan April sebanyak 35 pengunjung, bulan Mei sebanyak 29 pengunjung dan bulan Juli sebanyak 57 pengunjung. Ini menunjukkan bahwa tautan eksternal mempengaruhi jumlah pengunjung website. Semakin banyak tautan eksternal yang dilakukan, seamakin banyak pula pengunjung website. Keterkaitan antara Referring Sites, Search Engine dan Traffic by URL terdapat dari segi informasi yang disajikan. Referring sites memberikan informasi tentang situs pengarah yang mengarah ke website kita, Search Engine memberikan informasi tentang mesin pencari yang mengindeks website kita sedangkan Traffic by URL menunjukkan URL dari website kita yang paling sering dikunjugi pengunjung.
References
[2] Andi. (2011) Google SEO, CV Andi Offset dan Elcom, Yogyakarta
[3] Cahyono, N.T., Triyono, J & Raharjo, S., (2013) Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Blog (Studi Kasus : Nova13.com), Jurnal Teknologi Technoscientia, 1 (6) Agustus, pp. 80-88.
[4] Helianthusonfri, J. (2015) Panduan Lengkap SEO Pemula untuk Wordpress, Elex Media Komputindo, Jakarta.
[5] https://docs.google.com/document/d/1FD-y5tKKE7IlTXrJWAUX9J1yIACnaAO3fPehQ87_95I/edit?pref=2&pli=1
[6] http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/07/apa-itu-external-link-dan-pengaruhnya.html
[7] http://www.cara-master.com/2014/12/pengertian-dari-internal-link-dan.html
[8] http://www.mcscv.com/produk_detail.php?page-id=Resiko-memasang-histats-dan-cara-meminimalisirnya&rdmt=110834&id=defadm&pid=Solve-Histats-Risk
[9] Jogiyanto. (2001). Analisis & Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta
[10] Masrur, M. (2011) Langkah-langkah Strategis Dalam Peningkatan Daya Saing Universitas Menggunakan Teknologi Informasi, Teknologi, 2 (1) Juli, pp. 81-88
[11] Mcleod,Ray Jr, 1995, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT.Prenhalindo.
[12] Rahman, S. (2015) Kitab Sakti SEO, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
[13] Sidharta, L. (1996) Internet : Informasi Bebas Hambatan, Gramedia, Jakarta.
[14] Supriyanto, A. (2007) Pengantar Teknologi Informasi, Salemba Infotek, Jakarta
[15] Sutanto, F.A., Mulyani, S., (2015) Implementasi Search Engine Optimization (SEO) On Page Pada Web UMKM Batik dan Handicraf.