PENGEMBANGAN MOBILE ENSIKLOPEDIA BINATANG DALAM ISTILAH LATIN

  • Lulut Suparmanto Universitas Stikubank
  • Eko Nur Wahyudi Universitas Stikubank

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini berpengaruh pada perkembangan aplikasi smartphone android yang dapat membantu anak – anak dalam proses belajar, Ilmu Biologi tergolong dalam ilmu sains yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan ilmu lainnya dalam hal objek, persoalan, dan metodenya. 2 Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curriculum Study), Biologi mempunyai obyek berupa kerajaan (kingdom): Animalia (dunia hewan), Spesies. Jenis dan spesies hewan sangat banyak, sehingga dalam mempelajarinya sering terjadi kesalahan dalam penulisan dan tata nama ilmiah pada hewan, Untuk membantu dalam mempelajari tata nama ilmiah pada hewan maka penulis membuat  aplikasi nama latin binatang berbasis android ini dan tata nama ilmiah pada binatang ini dalam bentuk aplikasi berbasis Android. Karena dilihat dari tingkat penggunanya, saat ini banyak pelajar dan siswa yang menggunakan perangkat ponsel berbasis Android.

Aplikasi Kamus Nama Latin Binatang Berbasis Android ini membutuhkan 9 activity pada package , 7 layout, Progaram Aplikasi ini tidak menggunakan database karena langsung dimasukan melalui Array yang ada pada coding tersebut tetapi jika membutuhkan data yang lebih banyak maka harus menggunakan database seperti Sqlite dan lain-lain jika diperlukan. Penelitian ini juga menggunakan implementasi user interface sebagai bentuk interaksi antara sistem dengan pengguna melalui tampilan-tampilan yang telah dirancang agar lebih menrik dan mudah dipahami oleh pengguna.

 

References

[1] H. Nazruddin S. (2014) ANDROID : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika Bandung, Bandung.
[2] Komputer, Wahana (2013) Android Programming with Eclipse, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[3] Komputer, Wahana (2013) 25 Teknik Profesional Bikin Vektor Grafis dengan CorelDRAW X6, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[4] Nugraha, Adi (2009) Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[5] Safaat , Nazruddin 2011, Pemrograman Aplikasi Mobile Smarthphone dan Tablet PC Berbasis Android , Bandung: Informatika.
[6] Supardi, Y. (2011) Mengenal Java dan Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[7] Susanto, S.H. (2011) Mudah Membuat Aplikasi Android, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[8] Sutanta, Edhy (2005) PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI, GRAHA ILMU, Yogyakarta.
[9] Winarno, E. dan Zaki A. (2011) Hacking dan Programming dengan Android SDK untuk Advanced.Yogyakarta: Elex Media Komputindo.
[10] Anonim. (2014) Taman kanak-kanak, Website
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_kanak-kanak.Diakses tanggal 04 November 2015.
[11] Anonim. (2015) Audacity, Website https://id.wikipedia.org/wiki/Audacity.
Diakses tanggal 04 November 2015.
Published
2016-09-10
How to Cite
Suparmanto, L., & Wahyudi, E. (2016). PENGEMBANGAN MOBILE ENSIKLOPEDIA BINATANG DALAM ISTILAH LATIN. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(1), 14-22. https://doi.org/10.35315/informatika.v8i1.8097
Section
Articles