PENGEMBANGAN METODE OTENTIKASI KEASLIAN IJASAH DENGAN MEMANFAATKAN GAMBAR QR CODE

  • Eka Ardhianto . Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNIVERSITAS STIKUBANK Semarang

Abstract

Penggunaan barcode sudah tidak asing lagi. Hal ini adalah untuk memudahkan dalam mengelola inventori, karena barcode ini dapat menyimpan data spesifik sebagai contoh di Unisbank adalah data anggota perpustakaan yang meliputi kode buku, nomor identitas, nama dan lain-lain sehingga sistem komputer dapat mengidentifikasi informasi yang dikodekan dalam barcode dengan mudah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesatnya, penggunaan barcode kini mulai digantikan dengan QR Code.

QR Codeadalah image dua dimensi yang merepresentasikan suatu data, terutama data berbentuk teks.QR Code merupakan evolusi dari barcode yang awalnya satu dimensi menjadi dua dimensi.QR Code memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih jauh besar daripada barcode.

Salah satu data penting dalam kampus adalah ijasah. Ijazah merupakan suatu dokumen yang berfungsi sebagai bukti autentik bahwa seseorang telah menjalani tahap pendidikan secara formal dan berhasil lulus ujian. Ijazah konvensional yang digunakan sekarang adalah ijazah berbentuk fisik sehingga ada kemungkinan ijazah tersebut hilang atau rusak. Proses verifikasi ijazah konvensional sulit dilakukan karena proses tersebut hanyadapat dilakukan oleh pembuat ijazah. Cara yang digunakan untuk melakukan verifikasi keaslian data ijasah saat ini adalah dengan melakukan kontak langsung kepada pembuat ijasah mengenai keaslian pemegang ijasah, serta adanya proses legalisasi tertandatangan dari pembuat ijasah.

Dari pelaksanaan penelitian dan pengujian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu : QRCode dapat digunakan untuk menampung informasi data alumni yang besar, Mempermudah pendeteksian keaslian informasi kepemilikan ijazah melaluiperangkat mobile, sertaQRCode dapat digunakan dengan cepat untuk menverifikasi Ijazah lulusan Universitas Stikubank UNISBANK dengan cepat dan akurat.

Kata Kunci : QR Code, Ijasah, Otentikasi, Kepemilikan

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed