SISTEM INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEB STUDI KASUS DI KARIMUNJAWA JEPARA

  • Zainul Adfar . Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNIVERSITAS STIKUBANK Semarang

Abstract

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau terletak di Laut Jawa. Karimunjawa memiliki potensi wisata seperti wisata alam,wisata religi dan wisata kuliner. Hotel dan home stay sebagai penunjang bagi wisatawan. Untuk menuju Karimunjawa menggunakan trasportasi kapal. Wisatawan yang berasal dari luar daerah pada umumnya tidak tahu pariwisata di Karimunjawa Jepara. Untuk mengatasi hal tersebut penerapan sistem informasi berbasis web sebagai langkah tepat dalam memberikan informasi pariwisata Karimunjawa Jepara.

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun sistem informasi pariwisata berbasis web di Karimunjawa Jepara. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis, merancang dan membangun suatu sistem informasi pariwisata berbasis web yang dapat memberikan informasi kepada user terkait obyek wisata, hotel, jadwal pelayaran.

Alat-alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Use Case Diagram, Activity Diagram, sequence Diagram dan Class Diagram. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi sistem informasi pariwisata berbasis web yang berfungsi untuk memberikan informasi pariwisata di Karimunjawa Jepara. Informasi yang ditampilkan masih sederhana sekali, sehingga perlu dikembangkan lagi agar tampilan serta informasi yang dihasilkan lebih lengkap dan menarik.

 

Kata kunci : Informasi Pariwisata, Karimunjawa, Web.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed