SISTEM EKSTRAKSI INFORMASI DOKUMEN UNDANG-UNDANG MENGGUNAKAN BASIS DATA XML

  • Dewi Bulan . Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNIVERSITAS STIKUBANK Semarang

Abstract

Undang-undang merupakan dokumen legal yang memuat norma hukum yang mengikat secara umum dan dibentuk atau ditetapkan oleh lembaga Negara atau pejabat yang berwenang melalui prosedur yang telah ditetapkan. Saat ini dokumen tersebut didokumentasikan dalam bahasa Indonesia tanpa memiliki format maupun aturan tertentu. Format XML menjadi format yang cocok sebagai standar dokumen undang- undang Negara karena XML merupakan standart penulisan dokumen yang dapat memisahkan struktur dan isi dokumen.

Penelitian ini akan membuat sistem ekstraksi informasi dokumen undang-undang agar dapat digunakan untuk memberikan informasi bagian dokumen undang-undang yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ekstraksi Informasi merupakan metode untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan pengguna dari dokumen yang relevan. Metode ini berguna untuk memproses tulisan atau rekaman suara sebagai masukan (input) dan menghasilkan data sebagai keluaran (output). Data ini dapat langsung ditampilkan kepada pengguna, atau disimpan dalam basis data (database) atau spredsheet untuk kemudian dianalisis atau bisa juga digunakan untuk keperluan indexing pada aplikasi Information Retrival (IR).

Penelitian ini menghasilkan basis data xml dokumen undang-undang sehingga dapat digunakan dalam untuk dokumen undang-undang yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari uji coba data yang dilakukan tingkat prosentase keberhasilan sistem adalah tujuh puluh persen.

 

Kata Kunci : XML, Java, Sistem Ekstraksi, Undang-Undang.

Published
2014-03-01
How to Cite
., D. (2014). SISTEM EKSTRAKSI INFORMASI DOKUMEN UNDANG-UNDANG MENGGUNAKAN BASIS DATA XML. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(1). https://doi.org/10.35315/informatika.v6i1.3794
Section
Articles