SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JAMBU MERAH DELIMA BERBASIS WEB

  • Akhmad . Sholikin Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

Abstract

Tanaman jambu merah delima dapat diserang berbagai macam penyakit,penyakit tersebut dapat diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkan, akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis penyakit yang menyerang tanaman tersebut diperlukan seorang ahli/pakar.

Keterbatasan jumlah pakar, potensi ekonomis yang tinggi, jarak panen yang singkat serta belum terpublikasinya pengetahuan tentang hama/penyakit serta solusinya. Sehingga diperlukan suatu sistem yang mempunyai kemampuan seorang pakar, mampu mendiagnosa jenis penyakit/hama dilihat dari gejala yang ada. Pada penelitian ini dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman jambu merah delima berbasis web yang telah dikembangkan, dirancang dengan bahasa pemrograman dan database yang open source yaitu Php dan Mysql dan mempunyai keunggulan kemudahan akses dan kemudahan pemakaian.

 

Kata kunci : sistem pakar, web, php, mysql, forward chaining, dan rule based reasoning.
Published
2012-03-01
How to Cite
Sholikin, A. (2012). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JAMBU MERAH DELIMA BERBASIS WEB. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 4(1). https://doi.org/10.35315/informatika.v4i1.3758
Section
Articles