KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK (PUBLIC KEY CRYPTOGRAPHY)

  • Veronica Lusiana

Abstract

KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK

(PUBLIC KEY CRYPTOGRAPHY)

 

Veronica Lusiana, Wiwien Hadikurniawati

Fakultas Teknologi Informasi, Univesitas Stikubank Semarang

 

Abstrak :

 

Kriptografi merupakan ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas, serta otentikasi. Jurnal ini menjelasakan tentang kriptografi kunci publik yang menggunakan sepasang kunci untuk enkripsi dan dekripsi. Aplikasi  dari kunci publik antara lain  kunci persetujuan (key agreement), kerahasiaan data (data encryption) dan tanda tangan digital (digital signature). Contoh  kriptografi kunci publik antara lain RSA, DH dan DSA.

Penerapan kriptografi kunci publik membutuhkan pendukung yang dinamakan PKI (Public Key Infrastructure). PKI adalah sebuah pengaturan yang menjamin penggunaan kunci publik bagi pihak-pihak yang terlibat dengan sistem penggunaan sistem keamanan. Dengan PKI setiap pengguna dapat mengotentikasi satu sama lain.

 

Kata kunci : kriptografi, PKI, kerahasiaan, integritas, otentikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-03-01
How to Cite
Lusiana, V. (2010). KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK (PUBLIC KEY CRYPTOGRAPHY). Jurnal Dinamika Informatika, 2(1). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/288
Section
Articles