RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MERANCANG JARINGAN KOMPUTER

  • Agung Prihandono

Abstract

RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MERANCANG JARINGAN KOMPUTER

Agung Prihandono, Dwi Budi Santoso

Fakultas Teknologi Informasi, Univesitas Stikubank Semarang

 

Abstrak:

Perkembangan teknologi jaringan komputer melaju dengan sangat pesat. Berbagai bidang aktivitas mau tidak mau harus dipaksa untuk menggunakan teknologi ini karena kebutuhan dan persaingan. Disamping itu biaya pengembangan jaringan harus ditekan seminimal mungkin.

Aplikasi ini dibuat guna memenuhi kebutuhan akan sarana dalam merancang jaringan sebelum diterapkan pada jaringan sesungguhnya. Dalam perancangan dan pengembangan aplikasi ini, dipaparkan metode pengembangan sistem dengan menggunakan uses case sebagai teknik pemodelan sistem yang dilengkapi dengan dokumen skenario, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah aplikasi jadi dengan menggunakan Borland C++ Builder sebagai aplikasi pemrogramannya.

Aplikasi ini hanya digunakan untuk merancang jaringan komputer lokal atau LAN (local area network) dengan hub sebagai alat penghubung jaringan. Setelah rancangan jaringan dibuat, maka rancangan tersebut dapat diperiksa hubungan antar masing-masing objek komputer dengan komputer lain apakah telah saling terhubung atau belum  dan dengan alamat IP dan nilai subnet yang sesuai.

Kata Kunci: jaringan komputer, use-case, local area network

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2009-09-01
How to Cite
Prihandono, A. (2009). RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK MERANCANG JARINGAN KOMPUTER. Jurnal Dinamika Informatika, 1(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/269
Section
Volume 1