Rekayasa Perangkat Lunak ROP (Read Only Printer) pada Sentral Telepon 5ESS dengan Menggunakan Java NetBeans 5.0

  • R. Sulistiyadi

Abstract

Rekayasa Perangkat Lunak ROP (Read Only Printer) pada Sentral Telepon 5ESS dengan Menggunakan Java NetBeans 5.0

R. Sulistiyadi

Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank Semarang

 

Abstraksi

Dalam perkembangan di dunia telekomunikasi terdapat beberapa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang digunakan sebagai media pendukung operasional. Salah satu perangkat yang sangat berperan penting dalam terbentuknya komunikasi yaitu sentral telepon (switching) yang ada di PT. Telkom Divre IV yang merupakan ‘otak’ atau induk agar komunikasi dapat terbentuk. Oleh karena mengingat pentingnya suatu sentral telepon maka perlu untuk dikembangkan sebuah aplikasi yang dapat memonitoring gangguan yang terjadi baik itu dari media fisik atau logic yang secara langsung terhubung dengan sentral itu sendiri. Pengembangan aplikasi ini yang disebut dengan Aplikasi ROP Server.

Aplikasi ROP Server ini lebih berperanan untuk menampilkan report-report yang terjadi di sentral. Berdasarkan report-report yang ada kemudian di coba untuk dilakukan pemetaan report yang merupakan alarm atau gangguan yang terjadi di dalam sentral tersebut, sehingga hal-hal yang menyebabkan gangguan di sentral atau yang sering disebut dengan alarm sentral dapat termonitor. Alarm-alarm tersebut dapat ditampilkan pada menu View Alarm yang ada di dalam aplikasi ROP Server tersebut.

 

Kata kunci : ROP, server
Published
2009-09-01
How to Cite
Sulistiyadi, R. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak ROP (Read Only Printer) pada Sentral Telepon 5ESS dengan Menggunakan Java NetBeans 5.0. Jurnal Dinamika Informatika, 1(2). Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/268
Section
Volume 1