Analisis User Experience dan Usability Aplikasi Canva dalam mendukung Kemudahan Pembelajaran Siswa di SMPN 3 Karawang Barat
Abstract
Canva salah satu platform yang digunakan untuk mendesain, yang dapat digunakan melalui web maupun aplikasi mobil. Canva menyediakan beragam fitur dan template yang mempermudah pengguna untuk membuat desain, seperti desain poster, brosur, kartu ucapan, info grafis dan presentasi dalam waktu singkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usability aplikasi canva dengan fokus untuk memahami pengalaman pengguna, khususnya dari kalangan Siswa Kelas VIIIB di SMPN 3 Karawang Barat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan kuesioner. Analisa aplikasi menggunakan poin Usability berkaitan dengan learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction untuk mengetahui pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,5% responden merasakan kemudahan dalam penggunaan aplikasi canva, 65% merasa cepat dalam menggunakan fitur-fiturnya, dan 72,5% mampu mengingat langkah-langkah penggunaannya dengan baik. Namun, masih terdapat kendala pada aspek memorability, di mana 47,5% responden mengalami kesulitan dalam mengenali ikon atau simbol dalam aplikasi. Pada aspek error, 62,5% responden menemukan error saat menggunakan canva, dan hanya 50% yang dapat memperbaikinya dengan mudah. Meskipun demikian, tingkat kepuasan pengguna sangat tinggi, dengan 92,5% responden merasa senang menggunakan canva dan 94,3% menyatakan bahwa canva membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dengan demikian, canva memiliki peran penting dalam mendukung kemudahan pembelajaran siswa di SMPN 3 Karawang Barat.
References
[2] R. K. Delwi, Q. J. Adrian, H. Sulistiani, and F. Isnaini, “Dashbolard Intelraktif Untuk Sistelm Infolrmasi Keluangan Pada Polndolk Pelsantreln Mazrolatul’Ulum,” J. Telknoll. dan Sist. Inf., voll. 2, nol. 2, pp. 116–121, 2021, [Olnlinel]. Availablel: http://jim.telknolkrat.ac.id/indelx.php/JTSI
[3] M. Radhi, A. Amalia, D. R. H. Sitolmpul, S. H. Sinurat, and El. Indra, “Analisis Big Data Delngan Meltoldel Elxplolratolry Data Analysis (Elda) Dan Meltoldel Visualisasi Melnggunakan Jupytelr Noltelbololk,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Kolmput. Prima(JUSIKOlM PRIMA), voll. 4, nol. 2, pp. 23–27, 2022, doli: 10.34012/jurnalsistelminfolrmasidanilmukolmputelr.v4i2.2475.
[4] El. A. Rahmasari and A. F. Yolgananti, “Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pelngguna Mahasiswa Delsain),” ANDHARUPA J. Delsain Kolmun. Vis. Multimeld., voll. 7, nol. 01, pp. 165–178, 2021, doli: 10.33633/andharupa.v7i01.4292.
[5] M. Surahman, N. Widiyasolnol, and R. Gunawan, “Analisis Usability dan Uselr Elxpelrielncel Aplikasi Kolnsultasi Kelselhatan Olnlinel Melnggunakan Systelm Usability Scalel dan Uselr Elxpelrielncel Quelstiolnnairel,” J. Siliwangi Selri Sains dan Telknoll., voll. 7, nol. 1, pp. 1–8, 2021.
[6] S. Maulida, Nur hasanah, Hidayatus Sibyan, and Sukolwiyolnol, “Analisis Usability Uselr Elxpelrielncel Pada Welbsitel Pt. Sr12 Helrbal Skincarel Melnggunakan Meltoldel Usel Quelstiolnnairel,” STOlRAGEl J. Ilm. Telk. dan Ilmu Kolmput., voll. 2, nol. 1, pp. 20–25, 2023, doli: 10.55123/stolragel.v2i1.1734.
[7] R. A. Sahulata elt al., “Analisis UX Dan Usability Pada Aplikasi Indrivel Melnggunakan Meltoldel Heluristic Elvaluatioln”.
[8] R. Winelngkol, Junaeldy, and I. A. Musdar, “Analisis Usability Dalam Uselr Elxpelrielncel Pada Welbsitel Ayolspolrts Melnggunakan Usel Quelstiolnnairel,” KHARISMA Telch, voll. 16, nol. 2, pp. 97–110, 2021, doli: 10.55645/kharismatelch.v16i2.131.
[9] R. Zolra, V. Graphic, and D. Cakap, Mudah Melmbuat Polstelr Hanya delngan Canva.
[10] M. T. Kharissidqi and V. W. Firmansyah, “Aplikasi Canva Selbagai Meldia Pelmbellajaran Yang Elfelktif,” Indolnels. J. Elduc. Humanit., voll. 2, nol. 4, pp. 108–113, 2022, [Olnlinel]. Availablel: http://ijolelhm.rcipublishelr.olrg/indelx.php/ijolelhm/articlel/vielw/34
[11] T. SElTIAWAN and F. H. A. PUTROl, “Pelmanfaatan Gaphics Delsignelr Solftwarel Canva Untuk Melningkatkan Krelatifitas Prolmolsi Prolduk Umkm Di Celpolgol Bolyollali,” J. Elkoln. Sols. Hum., voll. 2, nol. 12, pp. 53–56, 2021, [Olnlinel]. Availablel: https://www.jurnalintellelktiva.colm/indelx.php/jurnal/articlel/vielw/530
[12] D. R Rahadi, “Pelngukuran Usability Sistelm Melnggunakan Usel Quelstiolnnairel Pada Aplikasi Androlid,” J. Sist. Inf., voll. 6, nol. 1, pp. 661–671, 2014, [Olnlinel]. Availablel: http://eljolurnal.unsri.ac.id/indelx.php/jsi/indelx
[13] A. Hindelrks, D. Wintelr, M. Schrelpp, and J. Tholmaschelwski, “Applicability olf uselr elxpelrielncel and usability quelstiolnnairels,” J. Univelrs. Colmput. Sci., voll. 25, nol. 13, pp. 1717–1735, 2019.
[14] M. Azmi, A. P. Kharisma, and M. A. Akbar, “Elvaluasi Uselr Elxpelrielncel Aplikasi Molbilel Pelmelsanan Makanan Olnlinel delngan Meltoldel Delsign Thinking ( Studi Kasus GrabFolold ),” voll. 3, nol. 8, pp. 7963–7972, 2019.
[15] N. Asnawi, “Pelngukuran Usability Aplikasi Gololglel Classrololm Selbagai El-lelarning Melnggunakan USEl Quelstiolnnairel (Studi Kasus: Proldi Sistelm Infolrmasi UNIPMA),” Rels. Colmput. Inf. Syst. Telchnoll. Manag., voll. 1, nol. 1, p. 17, 2018, doli: 10.25273/relselarch.v1i1.2451.
[16] El. Reltnolningsih and N. F. Fauziah, “Usability Telsting Aplikasi Relkolmelndasi Olbjelk Wisata Di Prolvinsi Jawa Barat Belrbasis Androlid Melnggunakan USEl Quelstiolnnairel,” Bina Insa. ICT J., voll. 6, nol. 2, pp. 205–216, 2019.
Copyright (c) 2025 Fatiya Hanifah Desfianthy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.